Bawaslu Jakut tingkatkan kesadaran warga cegah pelanggaran pemilu

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu Jakut) Jakarta Utara terus berupaya meningkatkan kesadaran warga di wilayah setempat agar bisa berpartisipasi aktif mencegah pelanggaran pemilu pada tahapan Pilakada Jakarta 2024.

“Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan kewaspadaan terhadap pelanggaran pemilu,” kata Yapto Sendra, Kepala Bagian Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jakarta Utara, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi terkait audit tersebut merupakan bagian dari upaya partainya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga etika dalam berpolitik dan mendukung proses demokrasi yang sehat.

Menurutnya, sosialisasi ini juga diharapkan dapat mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam proses pemantauan pemilu guna mencegah pelanggaran yang merugikan demokrasi.

“Jika ada dugaan pelanggaran, mereka bisa memahami langkah pelaporan yang harus dilakukan,” ujarnya.

Ketua daerah mengajak seluruh masyarakat Jakarta Utara untuk bersatu menjaga kerukunan dalam pemilu.

“Kami mengajak pasangan calon dan pendukungnya untuk berkompetisi secara sehat dan mengedepankan inisiatif positif demi kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Diharapkan dengan seruan ini seluruh lapisan masyarakat dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan pemilu yang adil, aman, dan damai.

Ia mengatakan, pada tahapan Pilkada Jakarta saat ini, penting untuk menjaga suasana positif dan persatuan masyarakat selama proses pemilu.

Ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat, terutama pengambil kebijakan dan organisasi sosial, untuk menahan diri dari segala bentuk tindakan yang dapat memperburuk iklim seperti afirmasi, pemerasan, dan kampanye negatif.

Ia menekankan bahwa ‘Mari kita ciptakan lingkungan pemilu yang damai, jujur ​​dan berkualitas’.

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya akan terus memantau perkembangan situasi dan siap mengambil tindakan jika ada tanda-tanda pelanggaran.

“Kami juga mendorong peran aktif masyarakat dalam melaporkan setiap pelanggaran yang terjadi selama pemilu,” ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya memiliki lembaga pemantau pemilu untuk memastikan pemilu di Jakarta Utara berlangsung jujur, adil, dan jujur.

Bawas berkomitmen menjaga demokrasi dengan memantau, mencegah, dan menindak segala bentuk pelanggaran pemilu, ujarnya.

Sebelumnya, Bawaslu DKI mengusut tiga dugaan pelanggaran kampanye jelang Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif 2024 di DKI Jakarta.

Tiga dugaan pelanggaran tersebut antara lain penggunaan kapal jasa angkutan oleh salah satu calon legislatif (Colleg) untuk berkampanye.

Caleg DPRD Jakarta Barat Partai RT dan RW membentuk tim sukses yang tidak sesuai aturan yang berlaku.

Nantinya, sembako tersebut didistribusikan di Jakarta Timur dan menurut laporan, permasalahan tersebut masih dalam penyelidikan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours