Biskita Trans Depok mulai beroperasi terhubung ke Stasiun LRT

Estimated read time 2 min read

Depok dlbrw.com – Biskita Trans Depok yang juga berfungsi sebagai feeder yang menghubungkan pusat Kota Depok dengan Jalur Rel Terpadu (LRT) Harjamukti, mulai beroperasi pada Minggu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Biskita Trans Depok di Stasiun LRT Harjamukti, Kota Depok, Jawa Barat pada Minggu.

“Biskita ini dapat dikembangkan oleh Pemkot Depok untuk meningkatkan jumlah pengguna LRT di wilayah kotanya,” kata Budi Karya Sumadi.

Budi mengatakan, keberadaan LRT dan Biskita Trans Depok bisa mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengangkut ribuan warga yang beraktivitas.

“Contoh ini bisa mengurangi kemacetan lalu lintas dan ribuan orang bisa terangkut dengan moda transportasi ini,” kata Budi.

Budi mengatakan, pemerintah pusat sudah memberikan program yakni Buy The Service (BTS). Untuk itu, pemerintah daerah dan swasta dapat membantu transportasi di daerah sebagai pengumpan LRT.

“Transportasi antarmoda perlu diprioritaskan dan digarap dengan serius. Karena pemerintah menyediakan yang namanya BTS, berarti pemerintah memberikan kesempatan kepada swasta untuk menghubungkan beberapa titik transportasi, dalam hal ini LRT,” ujarnya.

“BTS itu program dan juga program daerah. Saya jelaskan, kita perhatikan ada beberapa provinsi yang mengalokasikan APBD, seperti Banten, Semarang, Bali, dan Banjarmasin. Saya yakin Bogor, Depok, Bekasi bisa mengalokasikan APBD untuk Biskita. yaitu LRT feeder satu, dua, dan tiga,” kata Budi.

Budi menambahkan, LRT yang dibangun merupakan salah satu bentuk angkutan massal sehingga banyak warga yang antusias menggunakan angkutan tersebut.

Ia mengatakan, misalnya LRT dari Stasiun Harjamukti menuju Dukuh Atas dan juga dari Stasiun LRT Bekasi.

“Saya bicara LRT sebagai transportasi massal. Dari Harjamukti sampai Dukuh Atas dan juga dari Bekasi. Tingkat LRTnya semakin membaik. Di sisi lain juga banyak membantu masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Budi mengimbau pemerintah daerah mengalokasikan dana untuk mendukung moda LRT.

“Ini kegiatan bersama bukan hanya pemerintah pusat, tapi sudah menjadi kewajiban. Bersama pemerintah daerah, kita luncurkan Biskita Trans Depok. Jumlahnya akan lebih keren dan masyarakat Depok tidak perlu lagi naik sepeda motor.” kata Budi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Biskita Trans Depok untuk beroperasi di kota tersebut.

Sedangkan untuk pemerintah daerah yang membantu APBD pengumpan LRT, lanjut Imam, Pemkot Depok siap.

Terima kasih Pak Menteri Perhubungan yang telah memberikan bantuan. Biskita Trans Depok disediakan oleh kementerian. Pemkot Depok siap memberikan APBD 2025, kata Imam.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours