Istilah ‘Mewing’ Ngetren di Kalangan Gen Alpha, Apa Artinya?

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Generasi Alfa, yaitu generasi yang lahir setelah tahun 2010, semakin banyak mengembangkan kosa kata dan kebiasaan baru yang unik, menarik, dan terkadang membingungkan generasi tua. Istilah yang kini banyak digunakan di kalangan anak muda adalah mengeong.

Secara harfiah, kata ini mungkin terdengar asing bagi sebagian besar orang, namun sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari perbincangan sehari-hari di kalangan anak muda pengguna media sosial masa kini. Istilah mewing mengacu pada metode atau teknik yang dikatakan dapat memperbaiki struktur wajah dan memberikan penampilan estetika yang lebih baik. Dr. Mike Mew, dokter gigi ortodontis dari Inggris.

Caranya menekankan pada posisi lidah yang benar, yakni mendorongnya ke sudut mulut untuk mendorong pertumbuhan wajah yang ideal. Mengeong diharapkan dapat membantu memperbaiki posisi wajah dan dagu bahkan dapat membantu mereka yang mengalami masalah pernapasan atau hidung.

Bagi generasi Alpha, mengeong bukan hanya sekedar istilah medis, namun sudah menjadi bagian dari tren kecantikan dan kesehatan yang menawarkan harapan transformasi fisik tanpa perlu operasi atau perawatan mahal. Dengan banyaknya video tutorial, tantangan, dan cerita yang beredar di platform seperti TikTok, Instagram, dan YouTube, metode ini sangat populer di kalangan mereka. Para remaja dan anak-anak ini tertarik untuk mencobanya karena teknik ini terkesan sederhana dan bisa dilakukan secara mandiri.

Namun meski mewing populer di kalangan generasi Alpha, masyarakat umum perlu memahami bahwa cara ini bukanlah solusi instan. Pakar kesehatan menyarankan para orang tua untuk mengawasi dan membimbing anaknya yang tertarik mencoba mengeong. Hal ini penting untuk memastikan teknik yang digunakan benar dan tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Meski terkesan sepele, posisi lidah yang salah bisa menyebabkan ketegangan berlebihan pada otot mulut dan wajah.

Dalam dunia kesehatan, konsep mengeong merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk meningkatkan kesehatan mulut dan postur fisiologis terkait. Seiring dengan intervensi medis lainnya, mengeong dapat menjadi bagian berguna dari rencana perawatan yang diawasi secara profesional.

Penting bagi orang tua dan generasi muda untuk tidak terpengaruh oleh tren belaka, namun mengolah informasi tersebut dengan bijak dan mendiskusikannya dengan dokter jika ada pertimbangan untuk memulai praktik tersebut. Secara keseluruhan, mewing adalah fenomena unik dan mencerminkan meningkatnya keterlibatan generasi Alfa dengan informasi dan tren baru.

Seiring kemajuan teknologi dan informasi yang semakin mudah diakses, tidak mengherankan jika metode seperti mengeong mendapat tempat khusus di hati generasi muda saat ini. Namun kearifan tetap harus menjadi pertimbangan utama dalam menilai manfaat dan risiko agar setiap tren yang diikuti dapat memberikan nilai positif yang diinginkan.

* Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh editor

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours