Erick Thohir: Digitalisasi industri kemaritiman perkuat perekonomian

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir mengatakan digitalisasi di industri pelayaran dapat mendongkrak perekonomian Indonesia.

Hal itu disampaikan Eric pada acara pra-peluncuran Maritime Cloud Platform (MCP) di Jakarta, Jumat. Menurutnya, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan jalur laut yang strategis, sektor maritim merupakan salah satu sektor vital bagi perekonomian Indonesia.

“Potensi ekonomi biru negara kita sangat besar. Bagi bangsa ini, laut bukan hanya sekedar penghubung, tapi juga denyut nadi perekonomian, sumber kehidupan dan simbol kejayaan. Untuk itulah keberadaan MCP ini. Patut diapresiasi sebagai bagian dari upaya mendukung transformasi ekosistem maritim nasional,” kata Eric dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Maritime Cloud Platform (MCP) merupakan sinergi antara IDSurvey dan Telkomsel untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan keberlanjutan industri maritim Indonesia melalui transformasi digital.

IDSurvey percaya bahwa penggunaan teknologi digital sangat penting untuk meningkatkan efisiensi operasional, keselamatan, kinerja, dan manajemen armada. Inisiatif ini kemudian diimplementasikan melalui sinergi dengan BUMN lain yaitu Telkomsel yang ahli dalam menyediakan solusi konektivitas.

Ke depannya, solusi MCP ini akan dapat diakses oleh masyarakat baik lokal maupun luar negeri sebagai ekosistem digital kelautan yang mengintegrasikan tiga teknologi secara bersamaan, antara lain Cloud Computing, Satellite Constellation, dan Artificial Intelligence.

IDSurvey / Direktur Utama PT BKI (Persero), Arisudono mengatakan platform ini akan sangat berguna dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran melalui pengoperasian sistem informasi dashboard disertai dengan komunikasi satelit real-time yang lebih efisien dan andal baik antar kapal maupun serta melalui kendali. tengah.

Menurutnya, konsep solusi MCP merupakan wujud komitmen IDSurvey dalam memberikan layanan jaminan keamanan dan kedepannya akan memberikan layanan optimal dengan keunggulan produk berlipat ganda.

“Konsep solusi MCP ini merupakan awal dari transformasi digital industri pelayaran yang lebih efisien, aman, dan berkelanjutan. Melalui inisiatif sinergi antara IDSurvey dan Telkomsel ini, kami berharap dapat meningkatkan daya saing industri pelayaran Indonesia di kancah global. ,” kata Arisudono.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours