Psikolog imbau orang tua awasi penggunaan gadget anaknya

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Psikolog Helena Molidah, M.Psi, psikolog menghimbau para orang tua untuk memantau penggunaan gadget pada anak dan mengetahui skor permainan yang mereka mainkan.

Helena juga mengatakan agar orang tua memahami tanda-tanda (gemetar) yang ditampilkan pada mainan agar mudah untuk memeriksa apakah permainan tersebut aman untuk anak seusianya.

“Orang tua perlu tahu,” kata Helena dalam diskusi online Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, Rabu.

Meski terkesan seperti sedang menonton film kartun, namun konten atau kontennya tidak sesuai untuk anak seusianya. “Karena sekarang ada kartun yang memuat konten LGBT bahkan pornografi.”

Sebab, kata dia, penampilan seringkali menipu. “Banyak orang tua yang tidak menyadari adanya permainan atau tayangan anak yang tidak layak untuk ditonton oleh anak,” ujarnya.

Salah satu game yang paling banyak dimainkan anak-anak adalah GTA, kata Helena. Banyak orang tua yang belum mengetahui permainan tersebut sehingga ingin memainkannya untuk anaknya.

Halina mengatakan: “Karena permainan itu mengandung kata-kata kotor dan kekerasan. Makanya banyak anak yang memukul dan menendang secara tiba-tiba, karena permainan itu bisa menjadi pemicu terjadinya tindakan kekerasan.”

Oleh karena itu, orang tua juga harus terus mempelajari dan memahami permainan yang dimainkan anak dan acara yang ditontonnya.

Jika konten atau hiburan dalam game tersebut tidak sesuai untuk anak-anak, maka orang tua dapat mendidik anaknya dan menawarkan solusi dengan memberikan hiburan atau permainan yang sesuai untuknya.

Dengan menerapkan hal tersebut, anak juga bisa terhindar dari pengaruh hal-hal negatif. Efeknya generasi muda yang berkualitas ke depan juga mampu menjadikan Indonesia standar emas, ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours