20 negara minta bantuan Turki untuk evakuasi warganya dari Lebanon

Estimated read time 1 min read

ISTANBUL dlbrw.com – Sebanyak 20 negara meminta dukungan Turki untuk mengevakuasi warganya dari Lebanon yang sedang menghadapi konflik skala besar dengan Israel.

Kementerian Luar Negeri Turki pada Selasa (1/10) menyatakan alasan evakuasi warga negara lain telah ditentukan dan persiapan yang diperlukan sedang dilakukan.

Kementerian juga mengatakan bahwa rencana evakuasi bagi warga Turki telah disusun.

“Rencana mengenai warga kami di Lebanon telah dikoordinasikan dengan lembaga terkait dan rencana alternatif untuk evakuasi melalui laut atau udara telah dikembangkan,” kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan.

Sejak 23 September, Israel melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap organisasi Hizbullah Lebanon.

Serangan udara Israel telah menewaskan lebih dari 1.057 orang dan melukai lebih dari 2.950 orang, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Beberapa pemimpin Hizbullah tewas dalam serangan itu, termasuk Sekretaris Jenderal Hassan Nasrallah.

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas batas sejak Oktober lalu, ketika Israel melancarkan perang melawan Gaza setelah organisasi Palestina Hamas melancarkan serangan lintas batas, menewaskan hampir 41.600 orang.

Komunitas internasional telah memperingatkan bahwa serangan Israel terhadap Lebanon dapat meningkatkan konflik di Gaza menjadi perang regional yang lebih luas.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours