Mudahkan Dalami Dugaan Gratifikasi, Kaesang Datangi KPK Diapresiasi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Koordinator Badan Pemberantasan Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyambut baik kedatangan Jenderal PSI Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, untuk mengunjungi KPK. Dia mengatakan, kedatangan Kaesang akan memudahkan KPK mengusut dugaan rasa berpuas diri dalam penggunaan pesawat pribadi.

“Kami bersyukur atas kedatangan Kaesang ke KPK sehingga memudahkan segalanya, termasuk memudahkan KPK mengusut dugaan rasa berpuas diri,” kata Boyamin kepada wartawan, Rabu (18/9/2024).

“Sebagai panitia antikorupsi, apakah bentuk ini (penggunaan jet pribadi oleh Kaesang) merupakan sumbangan? Atau sebaliknya, mudah-mudahan bisa kita atasi,” imbuhnya.

Boyamin menilai kedatangan Kaesang di Gedung KPK bisa menjadi contoh bagi pejabat dan keluarga pejabat jika mendapat fasilitas dari pihak lain.

“Terima kasih Kaesang sudah bersedia datang. Ini bisa menjadi contoh bagi keluarga pejabat atau pejabat yang mengajukan pengaduan ke Komisi Pemberantasan Korupsi,” ujarnya.

Boyamin berharap KPK memutuskan Kaesang benar-benar menerima hibah tersebut dan meminta pihak yang berkepentingan mengembalikan sejumlah uang kepada KPK sejumlah uang sewa jet pribadi.

“Kami berharap setidaknya bisa menunjukkan kepuasan pada tingkat refund atau penyerahan besaran bantuan yang diterima,” tutupnya.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep mendatangi Gedung KPK di Jakarta Selatan pada Selasa (17/9/2024). Kaesang mengatakan, kedatangannya di KPK merupakan inisiatif pribadi. Oleh karena itu, hal tersebut tidak berdasarkan panggilan atau undangan Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Saya datang ke KPK hari ini bukan sebagai pejabat negara, tapi karena ikhtiar pribadi sebagai warga negara yang baik, bukan karena panggilan atau undangan tertulis dari KPK,” kata Kaesang.

Ia mengaku ingin menyampaikan informasi kedatangannya di KPK dan keberangkatannya ke AS dengan menggunakan jet pribadi.

“Perjalananku ke Amerika, Saya kirimi dia informasi tentang naik turun atau jalan-jalan bersama teman,” jelasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours