Fadli Zon Kandidat Kuat Menteri Kebudayaan, Lulusan FIB UI

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Fadli Zon dikabarkan menjadi calon serius untuk menduduki posisi Menteri Kebudayaan di kabinet Prabowo-Gibran. Artikel ini membahas profil pendidikannya.

Fadli Zon mendatangi kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024). Seperti tokoh lainnya, Fadli Zon datang dengan mengenakan batik.

Baca juga: Prabowo Minta Calon Menteri, Natalius Pigai dan Fadli Zon Tiba di Kertanegara

Fadli Zon tak menjelaskan kepada media ia akan menjadi menteri mana di kabinet pemerintahan baru era Prabowo-Gibran.

Ia memang memberikan sedikit gambaran mengenai posisi yang akan disandangnya, yang juga terkait dengan passionnya. Lebih jelasnya, sambil tersenyum ia mengatakan, kepastian posisinya akan diumumkan pada pelantikan 20 Oktober 2024.

Baca juga: 4 Fakta Stella Christie, Guru Besar Ilmu Kognitif yang Bakal Jadi Menteri Prabowo

“Dia minta saya bantu. Kita lihat tanggal 20 nanti, tentu juga ada hubungannya dengan apa yang saya pegang teguh dan saya punya passion,” ujarnya.

“Semangat saya dari dulu menjaga berbagai jenis pusaka. Kita lihat saja nanti,” kata Fadli Zon, Senin (14/10-2024).

Baca juga: Riwayat Pendidikan Haikal Hassan, Juga Dipanggil Prabowo untuk Gabung Pemerintahan Baru

Seorang tokoh budaya yang penuh aktivitas politik

Fadli Zon merupakan politikus yang kini menjabat Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR. Ia telah lama dikenal sebagai seorang Budha. Ia juga seorang kolektor sejarah.

Tokoh kelahiran 1 Juni 1971 ini menyimpan beberapa benda bersejarah di perpustakaan dan museum pribadinya. Mengutip dari berbagai sumber, Fadli membangun tiga perpustakaan di lokasi berbeda.

Baca juga: Kisah Ni Luh Puspa, Presenter Televisi yang Ikut Pertukaran Wakil Menteri

Yakni Perpustakaan Fadli Zon di Bendungan Hilir (Jakarta Pusat), Rumah Budaya Fadli Zon di Bukittinggi (Sumatera Barat) dan Rumah Kreatif Fadli Zon di Depok (Jawa Barat).

Memiliki koleksi lebih dari 50.000 buku, koleksi naskah kuno, perangko, piringan hitam, keris dan koleksi koran bekas.

Beberapa koleksi lainnya antara lain koleksi keris, tombak, pedang dan badik dari berbagai kerajaan Indonesia, koleksi perangko, koleksi uang logam, koleksi patung dan lukisan berbagai empu Indonesia.

Ia juga mengoleksi piringan hitam (potongan panjang) karya musisi/penyanyi Indonesia, koleksi rokok produksi Indonesia, koleksi tekstil/kain lawas dari berbagai daerah, koleksi kacamata berbagai figur.

Kisah pendidikan Fadli Zon

Dikutip dari situs Partai Gerindra: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengenyam pendidikan dasar di SD Negeri Cibereum 3, Bogor, Jawa Barat. Ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP Fajar, Jakarta Timur, dan kemudian di SMA Negeri 31, Jakarta Timur.

Sambil mengenakan seragam putih abu-abu, ia menjabat sebagai Ketua Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 31 dan juga Sekretaris Bidang Sains dan Teknologi OSIS SMA Negeri 31.

Fadli juga belajar di Amerika Serikat di Harlandale High School, Texas. Ia pernah membagikan momen kelulusannya di media sosialnya, dimana ia lulus dengan predikat Summa Cum Laude dan memiliki IPK (nilai kelulusan) 4,0.

Ketua Umum Iluni FIB UI 2010-2013 melanjutkan studi tinggi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dengan jurusan Sastra Rusia.

Saat menjadi mahasiswa yang dikenal dengan almamater kuningnya, Fadli merupakan Sekretaris Jenderal Senat Mahasiswa FSUI sekaligus Juru Bicara Komite Solidaritas Mahasiswa UI Bosnia Senat Mahasiswa UI.

Beliau kemudian melanjutkan studi untuk memperoleh gelar Master of Science (MSc) in Development Studies dari London School of Economics and Political Science (LSE) di Inggris pada tahun 2003.

Mantan Ketua Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini kemudian menerima gelar doktor bidang sejarah dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia pada tahun 2016.

Begitulah kisah pendidikan Fadli Zon yang disebut-sebut menjabat Menteri Kebudayaan di kabinet Prabowo-Gibran. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours