ChromeOS 130 Terbaru Diluncurkan, Ini Fungsi dan Kecanggihannya

Estimated read time 2 min read

LONDON – Google akan merilis pembaruan ChromeOS 130 untuk Chromebook Plus yang akan menghadirkan sejumlah fitur baru yang menarik.

BACA LEBIH LANJUT – AI Google dapat digunakan

Selain meningkatkan kinerja perangkat, Google juga memperkenalkan aplikasi inovatif bernama Recorder, yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna merekam audio dan menyimpannya ke file.

Aplikasi Perekam ini tidak hanya tersedia di Chromebook Plus tetapi juga di perangkat lain seperti komputer dan ponsel.

Namun, Google mencoba membedakan pengalaman Perekam di Chromebook Plus.

Menurut laporan 9to5Google, aplikasi ini hadir dengan fitur transkripsi real-time yang memungkinkan pengguna menyalin suara bahkan tanpa data atau akses Wi-Fi.

Fitur hebat lainnya dari aplikasi ini adalah kemampuannya mengenali pembicara dan menyusun ringkasan dari rekaman audio.

Setiap rekaman akan muncul di halaman Rekaman Saya dengan informasi lengkap mulai dari judul, deskripsi transkripsi, waktu rekaman hingga durasi.

Pengguna dapat dengan mudah mengakses opsi tambahan melalui tombol vertikal tiga titik di setiap klip, yang menawarkan menu seperti Lebih Detail, Ekspor, dan Hapus.

Menu More Details memberikan informasi detail mengenai rekaman, sedangkan opsi Ekspor memudahkan pengguna untuk berbagi audio.

Di bagian bawah halaman Rekaman Saya, pengguna akan menemukan tombol untuk mulai merekam dan memilih mikrofon. Setelan audio Chromebook dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mudah.

Selain itu, aplikasi ini menyertakan tombol pengaturan yang muncul sebagai jendela mengambang. Di bawah Umum, pengguna dapat mengaktifkan mode Jangan Ganggu (DND) dan membiarkan layar tetap menyala.

Sementara itu, bagian Transkripsi dan Peringkasan menyediakan opsi untuk mengaktifkan identifikasi pembicara dan membuat ringkasan, sehingga meningkatkan fungsionalitas aplikasi.

Dengan memperkenalkan aplikasi ini, Google Recorder berharap dapat meningkatkan produktivitas dan pengalaman pengguna Chromebook Plus.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours