PLN UP3 Ternate gerak cepat pulihkan pasokan listrik di Rua

Estimated read time 2 min read

TERNATE dlbrw.com – PT PLN (Persero) Unit Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) bergerak cepat memulihkan sistem ketenagalistrikan di Desa Rua, wilayah Pulau Ternate.

Dihubungi General Manager PLN UIW MMU Ternate, Busta Tuhulula mengatakan, bencana alam yang terjadi Minggu kemarin membuat jaringan listrik terganggu sehingga menyebabkan sejumlah warga di wilayah Maluku Utara kehilangan tempat tinggal.

“Saat terjadi bencana, berdampak pada sistem ketenagalistrikan juga,” kata Abat. Oleh karena itu, kami akan segera memerintahkan personel siaga darurat untuk menuju lokasi kejadian.

Dinas Pelaksana Pelayanan Pelanggan Ternate Kota Ternate Selatan melalui ULP mengerahkan prajurit PLN ke wilayah terdampak banjir.

Tentara tiba di lokasi kejadian hari itu dan menganalisis dampaknya. Jaringan Tegangan Menengah (MTN) mempunyai beberapa infrastruktur ketenagalistrikan dengan tiang rusak dan beberapa tiang lainnya mati.

“Petugas akan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan sistem ketenagalistrikan di kawasan tersebut,” jelas Abut. Prioritas kami adalah pelanggan, jadi apa pun yang terjadi pada sistem kelistrikan pelanggan, sistem kelistrikan pelanggan harus dipulihkan 100%.

Sementara itu, Direktur PLN UP3 Ternate Kurniawan Fitrianto mengatakan, pihaknya akan mengerahkan seluruh sumber daya untuk mempercepat proses pemulihan listrik. Sebanyak 10 staf telah dikerahkan ke Kampung Rua untuk memulihkan jaringan listrik dan memastikan pasokan listrik pulih sesegera mungkin.

Sejauh ini, PLN telah memulihkan 995 dari 1.351 pelanggan, dan telah memulihkan 14 gardu induk dari 19 lokasi terdampak bencana, dimana tingkat cakupan kebakaran mencapai 73%.

Kurniawan Fitrianto mengatakan, kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan proses rehabilitasi berjalan lancar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kesabaran dan pengertiannya selama proses pemulihan ini,” imbuhnya. “Kami akan terus bekerja keras untuk memulihkan pasokan listrik menjadi normal.”

PLN UP3 Ternate mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dengan menjaga jarak dan memutus aliran listrik ketika banjir mencapai tingkat berbahaya. PLN UP3 Ternate juga meminta pelanggan untuk waspada dan berhati-hati selama masa pemulihan. Warga diharapkan segera melapor ke PLN melalui contact center 123 atau aplikasi seluler PLN jika melihat potensi bahaya, seperti kabel atau tiang listrik rusak.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours