Dinas Pariwisata Sleman kembali gelar “Sleman Creative Weeks”

Estimated read time 2 min read

Sleman dlbrw.com – Daerah Istimewa Yogyakarta; Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menggelar acara tahunan “Sleman Creative Weeks” (SCW) sebagai upaya menampilkan para pelaku usaha kreatif dan memajukan perekonomian masyarakat.

“Acara SCW tahun ini diadakan yang keempat kalinya, berbeda dengan Sleman Creative Space tahun lalu yang selalu fokus di Taman Kuliner Condongcatur, tahun ini SCW#4 akan diadakan di empat lokasi pada bulan Oktober 12,” ujar Kus Endarto, ketua pelaksana. bagian pemasaran Pariwisata Kabupaten Sleman di Sleman, Jumat.

Bulan Oktober telah ditetapkan sebagai Bulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman mulai tahun 2022 dengan diselenggarakannya Sleman Creative Weeks (SCW) yang kedua kalinya.

“Sejak saat itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman terus melakukan kampanye berkelanjutan untuk mendorong perekonomian melalui SCW,” ujarnya.

Rangkaian Sleman Creative Weeks #4 ini akan diselenggarakan pada waktu berbeda di empat lokasi berbeda pada tahun 2024 ini, kata dia, agar masyarakat dapat melihat dan mengikuti seluruh program yang ada.

Seri keempat Sleman Creative Weeks #4 Seyegan, Ngaran Margokaton, Edisi pertama ‘Festival Layang-Layang Ngaran’ akan diadakan pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2024.

“Pertunjukan budaya pada Festival Layang-Layang, bengkel, program diskusi, Banyak pameran layang-layang dan lomba layang-layang,” ujarnya.

Acara kedua yang diberi nama Synergy akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2024 di Condongcatur Sleman Creative Space Culinary Park, termasuk kegiatan UKM Bazaar. Nominasi Komedi Panggung Utama; Hadiah akan diberikan untuk film terbaik yang ditayangkan dan lokasi terbaik. Peserta komedi teratas dan kontestan film terbaik.

Acara ketiga yaitu Bedog Art Festival (BAF) akan dilaksanakan di Studio Banjarmili Banyuraden pada tanggal 26 Oktober 2024. Acara puncaknya adalah pertunjukan budaya dari berbagai negara dan toko UKM.

Sementara itu, Acara pempatnya adalah Pesta Wayang yang dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 27 Oktober 2024 di Kampung Media Resort Jalan Damai Ngaglik Sleman.

“Festival Wayang atau Festival Wayang Biennale Internasional tahun ini mengangkat tema ‘Benih Harapan’ dengan berbagai kegiatan antara lain pentas budaya, workshop, diskusi dan stand UKM,” ujarnya.

Pada acara Puppet Party, Australia Austria Brazil Kanada Perancis Jerman Islandia Italia Jepang Makau Malaysia Belanda Polandia Singapura Slowakia Slovenia Korea Selatan Spanyol Taiwan Thailand Turki Inggris Amerika dan tuan rumah Indonesia.

“Dalam agenda pesta wayang golek terdapat lomba tari kreasi tingkat sekolah dasar (SD) di desa-desa se Kabupaten Sleman/Kapanewon dengan hadiah bagi pemenangnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, Sleman Creative Weeks merupakan wadah untuk mempromosikan pelaku usaha sekaligus upaya memajukan perekonomian masyarakat melalui sektor usaha seni agar manfaatnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

“Kami juga berharap rangkaian Pekan Kreatif Sleman ini dapat menjadi momentum percepatan pengembangan ekonomi seni di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours