5 Jurusan Kuliah Favorit yang Lulusannya Banyak Diterima Kerja di Pertamina, Segini Gajinya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Berikut informasi 15 jurusan perguruan tinggi favorit yang lulusannya sering diterima bekerja di Pertamina. Bekerja di perusahaan besar seperti Pertamina tentu menjadi impian yang diimpikan banyak orang.

Namun, tidak semua lulusan perguruan tinggi mempunyai peluang bagus untuk diterima bekerja di perusahaan minyak pemerintah. Artikel kali ini akan membahas 5 Jurusan Perguruan Tinggi Favorit yang Lulusan Sering Diterima Kerja di Pertamina, Simak!

5 Jurusan Perguruan Tinggi Favorit Lulusan Mereka Sering Diterima Kerja di Insinyur Kimia Pertamina1

Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan favorit Pertamina dengan gelar yang banyak dicari. Sebagai perusahaan energi yang mengoperasikan infrastruktur besar seperti kilang minyak dan jaringan pipa gas, Pertamina membutuhkan insinyur mesin untuk memastikan seluruh peralatan industri dapat berfungsi dengan baik.

Lulusan teknik mesin bertanggung jawab atas desain, pengoperasian dan pemeliharaan peralatan yang digunakan dalam berbagai pengujian energi, proses produksi dan distribusi. Dengan ketrampilan tersebut, lulusan teknik mesin sangat berguna dalam menjaga kelangsungan operasional Pertamina.

2. Teknik Kimia

Teknik Kimia juga merupakan jurusan dengan peluang karir yang luar biasa di Pertamina. Lulusan Teknik Kimia banyak yang berkecimpung di industri pengolahan migas, khususnya di sektor hilir yang mengolah minyak mentah menjadi produk siap pakai seperti minyak dan pelumas.

Selain itu, mereka juga terlibat dalam inovasi produk dan pengembangan teknologi ramah lingkungan. Basis pengetahuan yang kuat dalam memahami reaksi kimia dan proses industri membuat lulusan teknik kimia sangat diminati di perusahaan sektor energi seperti Pertamina.

3. Teknik Industri

Pertamina membutuhkan gelar di bidang teknik industri untuk mengelola efisiensi dan produktivitas perusahaan. Lulusan teknik industri memiliki pengetahuan untuk merancang, mengelola dan mengoptimalkan sistem produksi yang melibatkan manusia, mesin, dan material.

Di Pertamina, lulusan teknik industri dapat terlibat dalam perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen inventaris, serta evaluasi dan pengembangan proses kerja.

4. Manajemen dan Administrasi Bisnis

Tidak hanya di bidang teknis, Pertamina juga membutuhkan lulusan yang memiliki spesialisasi di bidang manajemen dan administrasi bisnis. Sebagai perusahaan internasional, Pertamina membutuhkan manajer yang mampu menjalankan aktivitas bisnis secara efektif, termasuk menyusun strategi bisnis, mengelola anggaran, dan merancang kebijakan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan.

Oleh karena itu, para manajer bisnis dan lulusan manajemen juga mempunyai peran penting di Pertamina.

5. Keuangan

Jurusan akuntansi juga punya peluang bagus di Pertamina. Sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang energi, Pertamina memerlukan pengelolaan keuangan yang komprehensif dan akurat.

Lulusan akuntansi bekerja untuk memastikan laporan keuangan memenuhi standar, memantau aliran dana, dan memastikan perusahaan mematuhi peraturan keuangan yang berlaku.

Detail Peringkat Gaji Pegawai Pertamina

Insinyur: 8,89 juta – 21,4 juta

Insinyur Reservoir : Rp 21,84 juta – Rp 32,74 juta

Supermarket: Rp 63,59 juta – Rp 68,97 juta

IT Solution Manager: Rp 57,5 ​​juta – Rp 62,5 juta

Manajer Teknik: Rp 55,5 juta-Rp 59,9 juta

Supervisor HSE (Supervisor HSE): Rp 24,16 – 26,3 juta

HSE (Health, Safety and Environment) Mahasiswa internal: Rp 5,35-Rp 5,77 juta

Administrasi : Rp 19,4 juta – Rp 21,07 juta. Pegawai Bank : Rp 9,6 juta – Rp 10,5 juta.

HRD: Rp12,8 juta – Rp13,8 juta.

Layanan pelanggan: Rp 3,35 juta – Rp. 3,64 juta.

Granthpal (sekretaris): Rp 4,9 juta – Rp. 5,2 juta.

Pekerja kilang : Rp 14 juta – Rp 26 juta.

Petugas SPBU : Rp 1,9 juta – Rp 5,1 juta.

Peserta pelatihan : Rp 1,76 juta – Rp 3,07 juta.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours