Kemenpora raih penghargaan dalam puncak HKJS 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendapat penghargaan sebagai kementerian/lembaga dengan layanan kesehatan jiwa terbaik oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2024 (HKJS). Bandara Internasional Jakarta, Jakarta, Minggu (13/10).

Ayayat Suyatna, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (Karo) Kemenpora RI, mengatakan penghargaan ini tidak terlepas dari peran seluruh pihak di Kemenpora, mulai dari Menpora. Dito Ariotedjo, unsur seperti Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON), tim pengelola layanan kesehatan jiwa di kementerian.

“Tentunya kita bersyukur kepada Allah SWT atas penghargaan kementerian/lembaga terbaik dalam pelayanan kesehatan jiwa,” ujarnya. Pemuda dan Olahraga menerima penghargaan yang diserahkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Kesehatan Maria Endang Sumiwi.

Menurutnya, upaya pemberian layanan kesehatan jiwa di tempat kerja dilaksanakan Kemenpora melalui Badan HRO pada kegiatan sharing day.

Dijelaskan bahwa sharing day ini merupakan sarana bagi para staf untuk berkomunikasi dan berdiskusi tentang kesehatan mental.

Dalam praktiknya, Kemenpora juga melatih psikolog yang mumpuni dan bekerja sama dengan RSON untuk melayani seluruh pegawai. Baca juga: Kemenkes: Jaga Pegawai, Ciptakan Lingkungan Sehat Mental. Baca juga: Psikolog menyarankan perusahaan untuk rutin memberikan konseling kepada karyawan. Dari hal tersebut, Kemenkes melihat Kemenpora sudah mempunyai program pelayanan kesehatan bagi pegawai di tempat kerja yang mengalami gangguan kesehatan jiwa agar bisa mendapatkan penghargaan.

Ayayat berharap pelayanan kesehatan jiwa di Kemenpora dapat lebih ditingkatkan melalui kerja sama semua pihak dan semua departemen.

Kemenpora juga mendapat tantangan baru dari Kementerian Kesehatan terkait program Pertolongan Pertama Pada Cedera Psikologi (P3LP) yang resmi diluncurkan hari ini.

“Kami akan mendorong staf untuk menjadi bahagia, produktif, dan bekerja dengan baik dalam memberikan layanan yang dapat memberikan dampak positif bagi Kementerian Pemuda dan Olahraga serta komunitas olahraga dan pemuda.” Publikasi.

Selain Kemenpora, ada dua kementerian/lembaga lain yang menerima penghargaan serupa, yakni Kementerian Penguatan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Kementerian Konstruksi Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penghargaan juga diberikan kepada fasilitas kesehatan daerah, puskesmas, dan perusahaan yang dinilai memiliki layanan kesehatan jiwa terbaik.

KTT HKJS 2024 Saatnya Mengutamakan Kesehatan Mental di Tempat Kerja dibuka resmi oleh Kunta Wibawa Dasa Nugraha, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours