Negara Eropa yang siap akui kemerdekaan Palestina bertambah

Estimated read time 2 min read

MOSKOW dlbrw.com – Duta Besar Palestina untuk Rusia Abdel Hafiz Nofal mengatakan jumlah negara Eropa yang kini siap mengakui kedaulatan Palestina bertambah.

Ia mengatakan, Otoritas Palestina saat ini sedang bekerja keras untuk memperjuangkan tujuan utama kebijakan luar negeri Palestina: pengakuan kemerdekaan Palestina dari negara-negara yang tidak mengakuinya.

Duta Besar Nopal mengatakan pada tanggal 10 (13): “Ada sekitar 149 negara yang telah mengakui negara Palestina, dan banyak negara Eropa yang siap mengakuinya kembali.

Hal itu disampaikannya sehubungan dengan acara solidaritas untuk rakyat Palestina dan Lebanon yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Venezuela di Moskow, Rusia.

Namun, dia tidak menyebutkan secara spesifik negara Eropa mana yang dibicarakannya.

Selain itu, Dubes Palestina juga mencontohkan negara-negara Amerika Latin seperti Bolivia, Venezuela, Kolombia, dan Nikaragua yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel sebagai protes terhadap invasi Zionis ke Palestina.

Nofal juga meyakini bahwa solidaritas antara Palestina dan Amerika Latin serta hak asasi manusia rakyat Palestina tidak hanya dimiliki oleh pemerintah, namun juga berlaku bagi masyarakat umum.

Perjuangan diplomasi Palestina terus berlangsung di tengah serangan Israel yang tiada henti di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 sehingga menimbulkan kehancuran besar-besaran di Jalur Gaza.

Hampir 42.000 orang tewas dan 97.000 lainnya terluka dalam serangan Israel.

Para korban yang masih tinggal di Gaza saat ini menghadapi kekurangan air, listrik, bahan bakar, makanan dan obat-obatan akibat blokade Israel yang berkepanjangan.

Akibat invasi Israel, Jalur Gaza terbagi menjadi dua wilayah: Utara dan Selatan.

Tentara Israel belum menghentikan serangan udara di Rafah, benteng terakhir Hamas di Jalur Gaza selatan.

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours