Pelatih Portugal Kagumi Profesionalitas Pepe, Masih Tangguh Bermain pada Usia 41 Tahun

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Pelatih Portugal Roberto Martinez memuji Pepe sebagai contoh sepak bola profesional sejati usai membantu Portugal mengalahkan Turki 3-0 pada putaran kedua grup F Euro 2024 di Jerman, Minggu (23/6). /2024).

Bek FC Porto yang bernama asli Kepler de Lima Ferreira ini menjadi pemain tertua yang tampil di Piala Eropa dalam usia 41 tahun 113 hari. Tak hanya dikenal, Pepe sudah menjadi pemain kunci tim Portugal sejak 2007 dengan catatan 138 caps.

Pepe menjadi starter melawan Türkiye. Ia baru diganti pada menit ke-83.

Penonton yang tidak menyangka tidak akan mengira bahwa Pepe berusia 41 tahun, kata Martinez, seperti dilansir AFP, Minggu.

“Kita semua tahu, pemain bisa menghabiskan dua jam latihan dalam sehari. Sisa waktunya menjalani kehidupan normal dan berpikir untuk mengambil cuti,” kata Martinez.

“Tapi Pepe tidak melakukan itu. Dia menghabiskan waktu 24 jam untuk pulih. Ketika tidak pulih, dia tahu benar pola tidurnya,” ujar mantan pelatih Belgia dan Everton itu.

Pelatih asal Spanyol itu bersyukur Pepe giat belajar sepak bola, sementara sebagian besar rekan satu timnya sudah gantung sepatu.

“Semuanya tergantung detail dan niatnya bermain satu tahun lagi. Kemudian tinggal kecintaan pada permainannya, fokus utamanya adalah mengenal lawan dan belajar secara taktis,” kata Martinez.

Pepe lahir di Brasil, tetapi memperoleh kewarganegaraan Portugis setelah pindah ke Madeira pada usia 18 tahun.

Portugal mengamankan tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2024 lewat kemenangan 2-1 atas Republik Ceko dan kemenangan 3-0 atas Türkiye. Pada laga terakhir penyisihan grup, Selecao akan menghadapi Georgia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours