Toyota Ciptakan Baterai AA Raksasa untuk Mobil Hidrogen, Isi Daya Cuma 5 Menit!

Estimated read time 3 min read

Jepang – Teknologi inovatif yang tidak merusak lingkungan nampaknya terus berkembang. Tak hanya sebatas mobil listrik, tapi juga hidrogen.

Toyota, misalnya, akan memperkenalkan beberapa teknologi baru di Japan Mobility Week akhir bulan ini. Termasuk visi mereka tentang masa depan kotak printer hidrogen portabel.

Teknologi ini diklaim memberikan tenaga yang “dapat diganti” untuk kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen (FCEV) generasi berikutnya.

Proyek ini awalnya diprakarsai oleh Von (sebelumnya Von Planet), anak perusahaan teknologi seluler Toyota. Tim menghasilkan prototipe kotak printer hidrogen yang akan berjalan pada tahun 2022 dan terus mengembangkannya hingga saat ini.

Kotak printer baru lebih ringan dan mudah dibawa. Toyota mengklaim bahwa desain ulang saat ini didasarkan pada pengalaman mereka dalam mengurangi ukuran dan berat tangki hidrogen yang digunakan pada FCEV mereka.

Dapat dipegang dengan tangan.

Konsepnya mencakup kartrid printer hidrogen portabel yang kecil, ringan. Dalam salah satu peragaannya, terlihat seorang model memegang kotak printer menyerupai baterai AA berukuran besar di dalam tas yang didesain khusus di bagian belakangnya.

Sederhananya, printer ini memungkinkan pengemudi FCEV mengganti baterainya ketika kadar hidrogen rendah, tanpa perlu mengisi bahan bakar di stasiun seperti kendaraan berbahan bakar fosil.

Namun, Toyota juga merasa bahwa kotak printer tersebut dapat digunakan kembali dan digunakan kembali dalam berbagai situasi, seperti menghasilkan listrik dalam sel bahan bakar untuk rumah energi atau bahkan menyediakan hidrogen untuk memasak.

Toyota dan Renault Corporation juga akan menunjukkan kejutan yang mungkin terjadi di Japan Mobility Week. Dalam keadaan darurat, kotak printer hidrogen juga dapat dikeluarkan dari kendaraan dan digunakan untuk memberi daya pada peralatan terkait, misalnya saat listrik padam.

Meskipun masih berupa ide, Toyota merasa kotak printer portabel yang ringan ini dapat menciptakan cara yang lebih murah dan mudah untuk mengirimkan hidrogen ke berbagai tempat tanpa harus membuat tabung besar.

Apakah Hidrogen Kunci Masa Depan Netralitas Karbon Dengan kemajuan teknologi baterai mobil penumpang hidrogen generasi mendatang, seperti konsep Renault Emblem, dapat menggunakan baterai dengan kepadatan energi yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan penggunaan tangki hidrogen terkecil untuk membantu kendaraan non-emisi menempuh jarak jauh tanpa memerlukan pengisian daya dalam jangka panjang.

Visi Toyota terhadap kotak printer hidrogen portabel adalah untuk memberi daya pada berbagai macam kendaraan dan benda sehari-hari, mulai dari sepeda motor hingga mobil dan bahkan peralatan rumah tangga.

Konsep Toyota akan mencakup distribusi kotak printer hidrogen baru beserta makanan dan perlengkapan lainnya, pengumpulan dan pengisian ulang kotak printer bekas. Oleh karena itu, Toyota saat ini sedang mencari pencocokan teknologi dan konsep dari perusahaan dan startup di berbagai bidang, termasuk penyediaan layanan serta pengembangan dan penjualan kartrid.

Meskipun banyak perdebatan di dunia otomotif, hidrogen merupakan sumber bahan bakar fleksibel yang mampu menghasilkan listrik dalam sel bahan bakar atau digunakan sebagai bahan bakar.

Hidrogen tidak menghasilkan emisi CO2 saat dikonsumsi (air adalah satu-satunya produk sampingan) dan dapat membantu mencapai target nol emisi jika diproduksi menggunakan sumber energi terbarukan seperti angin dan sinar matahari.

Dengan menurunnya permintaan global terhadap kendaraan listrik, sepertinya hidrogen kembali menjadi agenda. Hyundai, BMW, dan Honda juga mencari cara untuk mengkomersialkan teknologi tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours