Dirut BPODT: Tol Sinaksak mempersingkat jarak tempuh ke Danau Toba

Estimated read time 2 min read

Medan dlbrw.com – Direktur Eksekutif Proyek Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan proyek Tol Sinaksak di Provinsi Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), akan membatasi jarak menuju kawasan wisata Danau Toba. .

Jimmy yang berada di Medan, Rabu, mengatakan, “Masyarakat Danau Toba berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah dimulainya Tol Sinaksak, ini perubahan perjalanan dari Medan ke Danau Toba.”

Jimmy menjelaskan, dulu jarak Medan ke Parapat atau Danau Toba bisa memakan waktu antara empat hingga lima jam, namun dengan adanya jalan tersebut bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Hal ini penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Medan ke destinasi wisata utama di wilayah berpenduduk sekitar 15 juta jiwa ini.

“Ruas jalan Sinaksak ini menjadi harapan bagi industri pariwisata dan investor untuk meningkatkan upayanya dalam menciptakan produk ekonomi baru. Saya kira ini akan membuat Danau Toba terus merevitalisasi perekonomian masyarakat di kawasan ini.”

Jimmy juga mengatakan, pembangunan infrastruktur di kawasan Danau Toba akan mendorong investor membangun industri pariwisata di kawasan tersebut. Dengan metode penggalangan dana ini, kemungkinan akan terjadi pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun ke depan.

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata terpenting di Sumatera Utara. Untuk mengembangkan kawasan wisata ini, Pemerintah sedang mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung Program Nasional (PSN) yang bertujuan untuk membentuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Seksi 3 dan 4) pada Selasa (10/8) sepanjang 45,6 kilometer.

Proyek jalan yang dimulai pada tahun 2018 ini merupakan bagian penting dari rencana besar pemerintah untuk menyelesaikan proyek jalan Trans Sumatera.

Pada saat yang sama, Presiden membuka sebagian jalan di tengah Gerbang Sinaksak, yakni jalan Binjai-Langsa (Bagian 2 Stabat-Tanjung Pura) sepanjang 26,2 kilometer.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours