OJK: Pengembangan Ekonomi Syariah tak Bisa Dilakukan Sendiri  

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. Anggota Dewan OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan ekonomi syariah tidak bisa berkembang dengan baik jika dikelola secara independen oleh pemangku kepentingan.

“Pembangunan ekonomi syariah tidak mungkin dilakukan sendirian. OJK, DSN MUI dan dunia usaha harus bersinergi dan bersinergi agar kita bisa mencapai tujuan bersama dan menjadikan Indonesia pemain penting di sektor ini,” kata Friderica di Ijtima’ Sanawi. Dewan Pengurus Syariah di Jakarta, Jumat (10/11/2024).

Friderica mengatakan OJK telah menyiapkan peta jalan atau roadmap pengembangan sektor keuangan syariah di Indonesia. Peta jalan tersebut meliputi pengembangan keuangan syariah, pasar modal syariah, asuransi syariah serta peningkatan edukasi dan partisipasi keuangan syariah.

“OJK berkomitmen bekerja sama dengan DSN MUI untuk memfasilitasi pengelolaan dan edukasi dana syariah.

Friderica juga menekankan pentingnya kerja sama antara Dewan Pemeriksa Syariah (DPS), OJK dan pelaku industri. Menurutnya, DPS berperan penting dalam memastikan penerapan prinsip syariah pada setiap perusahaan yang bergerak di bidang keuangan.

Berdasarkan survei literasi keuangan dan indeks registrasi OJK dan BPS, indeks literasi keuangan syariah tercatat sebesar 39,11 persen, sedangkan indeksnya sebesar 12,88 persen. Angka tersebut masih di bawah indeks literasi nasional sebesar 65,43 persen dan inklusi keuangan yang mencapai 75,02 persen.

OJK mencatat total aset industri keuangan syariah mencapai Rp 2,756 triliun pada Juni 2024. Baiknya kinerja industri keuangan syariah juga tercermin dari total biaya dana syariah sebesar Rp 14,682 triliun dan porsi dana syariah. mencapai 47,31 persen. Kontribusi sektor usaha dan keuangan terhadap produk domestik bruto (PDB) pada Juni tercatat sebesar 45,66 persen.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours