Universitas Pancasila Wujudkan Pengabdian Masyarakat dengan Wadahi Bakat Olahraga Warga

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Dalam rangka mendorong pengembangan keterampilan olahraga di Desa Sugakalih, Panitia Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Teknik Sipil Universitas Panchasila mulai membuat wadah pengembangan keterampilan olahraga warga, khususnya generasi muda.

Proyek Pengabdian kepada Masyarakat dengan Program Pemberdayaan Masyarakat merupakan program hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Sosial, Direktorat Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMDIKBUDRISTEK). Tahun Anggaran 2024.

Awalnya telah dilakukan pertemuan pada tanggal 27 Agustus 2024 di kantor Kecamatan Jongol dengan berbagai pemangku kepentingan antara lain Camat Jongol, perangkat Desa Sugakali, dan Karang Taruna setempat. PKM diwakili oleh Vita Media, Rini Drizno Lestari dan Prima Ziva Ousley yang bertugas sebagai penghubung antara PKM dengan Karang Taruna.

Pertemuan ini merupakan langkah awal terbentuknya tim sepak bola di desa. Tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk merencanakan dan mengembangkan langkah-langkah strategis untuk mengembangkan bakat olahraga dengan melibatkan organisasi pemuda sebagai pelatih dan manajer tim sepak bola muda yang sedang berkembang sejak usia dini.

Dari pertemuan tersebut terbentuklah organisasi sepak bola yang berada di bawah naungan Karang Taruna Desa Sukhakalih. Selain itu, tim sepak bola resmi desa yang diberi nama “Kaluh Muda Sugakalih” diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan kemampuan olahraga generasi muda khususnya sepak bola.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas, seorang pemuda desa akan diikutsertakan dalam program pelatihan lisensi D sehingga dapat memperkuat tim secara taktik dan taktik. Tim sepak bola Kali Muda Sukakali yang baru diharapkan mulai berlatih dan siap mengikuti kompetisi lokal. Kami berharap dengan terbentuknya tim Kalu Muda Sugakalih, para pemuda desa ini dapat mengembangkan kemampuan olah raganya dan membawa nama desa hingga ke tingkat kecamatan dan kabupaten, kata Wapres. Karang Taruna dari desa Sugakalih.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan sportivitas di desa Sukhakalih dan mempererat kerjasama antara pendidik, pemerintah daerah dan masyarakat desa. Dukungan penuh masyarakat diharapkan dapat menjadikan Galuh Muda Sukagalih menjadi tim sepak bola yang tangguh dan lebih baik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours