Wabah Listeria Terjadi di Amerika, Diduga Bermula dari Konsumsi Daging Deli

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Amerika Serikat (AS) dilanda wabah listeria yang menyebabkan 28 warganya harus dirawat di rumah sakit dan dua orang meninggal dunia, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, yang mengaitkan wabah tersebut dengan toko makanan. daging.

Menurut data CDC, New York adalah negara bagian dengan kasus terbanyak, yaitu tujuh kasus, disusul Maryland dengan enam kasus. Negara-negara bagian yang telah melaporkan kasus listeria termasuk Illinois, Georgia, Massachusetts, Minnesota, Missouri, New Jersey, North Carolina, Pennsylvania, Virginia dan Wisconsin.

“Jumlah sebenarnya orang yang sakit akibat wabah ini mungkin lebih tinggi dari jumlah yang dilaporkan karena beberapa orang yang terpapar sembuh dengan cepat dan tidak dites listeria,” lapor ABC News, Sabtu (7/). 20/2024).

CDC dan mitranya, termasuk Layanan Keamanan dan Inspeksi Pangan Departemen Pertanian AS (USDA-FSIS), mengatakan mereka sedang mengumpulkan data untuk menentukan sumber wabah tersebut. Banyak pasien yang terkena wabah ini melaporkan memakan daging deli di toko kelontong.

Sejauh ini, belum ada laporan ada orang yang sakit akibat mengonsumsi daging deli kemasan. “Dari 18 orang yang diwawancarai, 16 orang melaporkan memakan daging yang dipotong dari toko daging, kebanyakan kalkun, hati, dan sosis. Daging ini dipotong di supermarket dan toko kelontong,” lapor CDC.

Menurut CDC, kasus-kasus tersebut dilaporkan antara 29 Mei dan 5 Juli. Usia pasien berkisar antara 32 hingga 94 tahun, dengan usia rata-rata 75 tahun. Sebanyak 72 persen pasien diidentifikasi sebagai warga kulit putih, 23 persen warga kulit hitam atau keturunan Afrika-Amerika, dan 5 persen warga Asia.

CDC menjelaskan, jika seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes, dapat menyebabkan infeksi serius yang disebut listeriosis. Ketika bakteri menyebar ke luar usus ke bagian tubuh lain, bakteri tersebut berkembang menjadi listeriosis invasif.

Gejala penyakit akut biasanya dimulai satu hingga empat minggu setelah konsumsi makanan yang terkontaminasi, namun dapat dimulai pada hari yang sama atau paling lambat 70 hari kemudian. Diperkirakan 1.600 orang terjangkit listeriosis setiap tahun dan sekitar 260 orang meninggal. Wanita hamil dan bayi baru lahir, orang dewasa berusia 65 tahun ke atas, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah adalah kelompok yang paling berisiko terkena penyakit ini.

Orang yang tidak hamil cenderung mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, leher kaku, kebingungan, atau kehilangan keseimbangan. Ibu hamil mungkin hanya mengalami demam dan gejala mirip flu.

CDC merekomendasikan agar orang yang berisiko tinggi terkena listeriosis menghindari makan daging yang dipotong di konter deli kecuali daging tersebut dipanaskan hingga suhu internal 165 derajat Fahrenheit atau dihangatkan sebelum disajikan. Perusahaan juga merekomendasikan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki gejala listeriosis dan baru saja makan daging deli.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours