Wacana Duet Kaesang-Jusuf Hamka Mengemuka, Spanduk Anies-Sohibul Iman Hiasi Jakarta

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Pasca perilisan lagu Kaesang Pangarep – Yusuf Hamka Spanduk bergambar Anie Baswedan – Sohibul Iman dipasang di sejumlah wilayah Jakarta. Mampukah pasangan ini mendapatkan tiket untuk mencalonkan diri pada Pilkada 2024 di Jakarta?

Maklum, Ketua Umum Partai Golkar Erlanga Hartarto mengawali pidato duet Kaesang-Yusuf Hamka saat dikunjungi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, pada Kamis (7/11/2024).

Masih ada waktu untuk memutuskan, masih dua bulan, tapi kalau ada kesempatan dan Mas Kesang siap maju, Partai Golkar akan mendukungnya, kata Erlanga dalam jumpa pers di DPP Partai Golkar di Jakarta.

Menurut Erlanga, pihaknya akan mengusung Yusuf Hamka sebagai calon Kaesang jika memutuskan mencalonkan diri di Jakarta pada 2024. “Kalau dia memilih Jakarta, saya akan susun kader Partai Golkar yang bergerak di bidang infrastruktur, yaitu Babah Alun (alias Yusuf Hamka),” kata Airlangga.

Duet Kaesang-Jusuf Hamka belum usai. Hal itu diutarakan Wakil Dirjen DPP PSI Andy Budiman. “Dalam pertemuan ini belum ada kesepakatan kedua belah pihak untuk bersama-sama mempromosikan Mas Kesang dan Pak Yusuf Hamka.” Ide tersebut disampaikan Golkar dalam rapat tersebut, namun belum ada kesepakatan mengenai usulan tersebut, ”ujarnya kepada SINDO News, Sabtu (13 Juli 2024).

Sementara itu, Yusuf Hamka menanggapi pembahasan soal calon wakil Wali Kota Jakarta mendampingi putra Presiden Joko Widodo (Yokowi). Kalau nanti terjadi, katanya Kakbah, Kaesang-Babah, kata Yusuf Hamka kepada wartawan di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13 Juli 2024).

Babah Alun mengaku siap jika mendapat perintah langsung dari Erlanga untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Kaesang. “Erlanga sudah siap, saya akan mengeluarkan perintah.” Anda harus bersiap.

Pengamat Jakarta Sugiianto Emik menyebut kemunculan Yusuf Hamka sebagai calon wakil gubernur Jakarta (cavaguba) menyusul Kaesang Pangerep “mengejutkan” publik. Pasalnya, Partai Golkar sebelumnya telah mencalonkan Ridwan Kamil, Erwin Aksa, dan Ahmed Zaki Iskandar untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Saya menilai Partai Golkar sudah tepat memunculkan nama baru seperti Yusuf Hamka untuk Pilkada Jakarta 2024. Padahal, berdasarkan analisis saya, Yusuf Hamka layak jika Golkar mencalonkan diri sebagai gubernur dan Kaesang Pangarep. Sebagai calon gubernur,” kata Sugiianto kepada SINDONews, Minggu (14/7/2024).

Pria bernama lengkap SGI ini selain Golkar kursinya lebih banyak di Jakarta (10 kursi) dibandingkan Partai Solidaritas Indonesia atau PSI yang hanya 8 kursi. Yusuf Hamka juga punya pengalaman dan peluang lebih banyak. Menang di Pilkadi Jakarta 2024 dan mengalahkan calon kuat pemerintahan Anies Baswedan dan lainnya.

Ia kemudian membeberkan kelebihan Yusuf Hamka. Termasuk reputasi sebagai pengusaha sukses. Selain kedekatannya dengan Buja Hamka, Yusuf Hamka juga dikenal sebagai pengusaha sukses. “Keahlian manajemennya dapat memberikan kepercayaan kepada pemilih bahwa beliau mampu mengelola Jakarta secara efektif dan efisien.”

Selain itu, Jusuf Hamka memiliki visi yang jelas terhadap pembangunan infrastruktur kota. Pengalamannya dapat memberikan solusi praktis untuk memperbaiki infrastruktur Jakarta.

Jusuf Hamka juga diyakini memiliki jaringan bisnis yang luas. “Hal ini memungkinkan Yusuf Hamka menggalang dukungan dari berbagai kalangan, termasuk pengusaha besar, yang memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian Jakarta,” tutupnya.

Spanduk Anies-Sohibul Iman diluncurkan di Jakarta

Spanduk Anie Baswedan-Mohamad Sohibul Iman di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Foto / Dzikri Subhanie

Suhu Pilkada Jakarta 2024 memang memanas di tengah munculnya isu Kaesang-Yusuf Hamka. Berdasarkan ulasan SINDNews, Minggu (14/7/2024), spanduk bergambar Anie Baswedan-Mohamad Sohibul Iman diluncurkan di beberapa titik kawasan Jagakarsa Jakarta Selatan.

Misalnya saja di Jalan Kelapa Tiga, Jagakarsa. Spanduk berlogo Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terlihat menarik dan menarik perhatian pengendara. Selain logo PKS dan foto Anies-Sohibul Iman berlatar belakang Monas, juga terlihat slogan Jakarta AMAN.

AMAN adalah kependekan dari Anies-Sohibul Iman. Saat ini PKS sendirian dalam mendukung pecinta AMAN. Dengan perolehan 18 kursi di DPRD Jakarta hasil pemilu 2024, PKS membutuhkan setidaknya empat kursi lagi untuk menampung duet AMAN.

Di tengah upaya menjalin hubungan politik dengan partai lain demi kelancaran duet AMAN, Ketua Umum PKS Ahmad Sjaikhu menegaskan, seluruh struktur PKS di DKI Jakarta mempersiapkan diri matang-matang menjelang pemilihan presiden daerah (pilkada).

Massa calon Wali Kota dan calon wakil gubernur DKI Jakarta yang kami usung adalah Anies Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman, kata Siaikhu saat memberikan instruksi unifikasi Pilkada DKI Jakarta di kantor DPTP PKS. , Selasa (7/9/2024), Dikutip dari akun Instagram @siaikhu_ahmad_, Minggu (14/7/2024).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours