Karantina Kalsel ambil sampel pertanian cegah penyebaran OPTK

Estimated read time 2 min read

Banjarmasin, Kalimantan Selatan dlbrw.com – Balai Peternakan, Perikanan, dan Perkebunan Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kalimantan Selatan melakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel Petani menanam berbagai tanaman untuk mencegah penyebaran tanaman tersebut. obrolan. Serangga (OPTK).

“Setiap tahun kami melakukan sidak berkala dan hasilnya nanti dijadikan data untuk memetakan wilayah sebaran OPTK di Kalimantan Selatan. Tahun ini kami melaksanakannya dalam lima tahap.” Minggu.

Ia menjelaskan, hasil audit dapat digunakan untuk keperluan analisis risiko dan sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan ke depan.

“Selain untuk mencegah masuk dan keluarnya hama dan penyakit ikan dan tanaman, isolasi juga berfungsi untuk memantau dan memetakan wilayah sebaran hama dan penyakit ikan dan tanaman di tanah air Indonesia”. .

Sudirman mengatakan, pihaknya telah melakukan sidak di Kabupaten Tanah Laut dengan fokus pada tanaman adas, merica, jagung, dan singkong.

Ia mengatakan, pada OPTK yang diisolasi petugas, terdapat bawang kuning dan pantoea ananatis pada tomat dangkal, ditemukan tospovirus pada lada, peronosclrospora philippinensis pada jagung, dan phenacoccus manihot pada singkong.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut sesuai dengan arahan Wakil Direktur Isolasi Tumbuhan tentang pelaksanaan pemeriksaan OPTK periode tahun 2024 dan diatur dalam peraturan Badan Karantina Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Cara bekerja. Dari Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Indonesia.

“Peninjauan ini masih kami lanjutkan di beberapa kabupaten lain, nanti hasilnya akan dipertimbangkan dalam menentukan kebijakan dan persyaratan lainnya,” kata Sudirman.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours