Jokowi Siap Resmikan Kampung Seni di Kawasan Wisata Borobudur

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Oktober 2024. Rencananya pembangunan Kampung Seni akan rampung pada September.

Kampung Seni Kujon merupakan proyek strategis nasional yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara PT Brantas Abipraya (Persero) untuk mendukung destinasi super prioritas di Borobudur.

“Kampung Seni Kujon dibangun di atas lahan seluas 10,7 hektar dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti amphitheater (arena terbuka pertunjukan seni), museum, pasar cinderamata seni, kuliner, tempat parkir, dan transfer. (fasilitas penjemputan dan pengantaran),” kata direktur operasional. II Brantas Abipraya Purnomo, Jumat (27-09-2024).

Penataannya dimulai saat pelayaran dilakukan pada November 2023 dan pembangunan Kampung Seni selesai pada September.

Purnomo mengatakan, nantinya sebagian kawasan Kampung Seni akan dijadikan kawasan komersil, dimana seluruh pedagang yang semula berada di Area 2 dan kawasan ini juga akan dijadikan area parkir kendaraan pengunjung candi. Selain itu, juga akan ada museum dan area pertunjukan seni di Art Village.

Saat ini Kampung Seni Borobudur sudah mulai beroperasi dan para pengusaha atau pedagang sudah mulai berjualan di kawasan kios yang telah dibangun. Kampung Seni Borobudur memasuki tahap pemeliharaan dimana terdapat beberapa cacat (kondisi tidak sempurna) atau saran dan keluhan dari pelaku usaha atau pedagang di berbagai area dan area bangunan.

Pihaknya merespon cepat dengan melakukan perbaikan dan pemeliharaan di berbagai area dan area gedung untuk meningkatkan performa kerja.

Saat ini Brantas Abipraya di Proyek Kampung Seni Borobudur mempunyai tim pemeliharaan dan kebersihan yang siap dan selalu standby di Kampung Seni Borobudur sebagai wujud tanggung jawab perusahaan.

“Hal ini untuk menjadikan lingkungan Candi Borobudur lebih bersih dan tertata serta lebih hijau sehingga dapat meningkatkan magnet wisata wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Purnomo.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours