Para Pembalap Berebut Jadi yang Terbaik di Pertamina Mandalika Racing Series 2024

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, LOMBOK – Setelah rehat selama sebulan lebih, Kejuaraan Sepeda Motor Nasional (Kejurnas) Pertamina Mandalika Racing Series 2024 memasuki putaran ketiga pada 13 dan 14 Juli 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok NTB. Ajang balap sepeda bergengsi ini telah menjadi “destinasi balap” di Indonesia, dengan lokasi lokal, resor eksotis, dan semakin ketatnya persaingan antar pelari serta penyelenggara acara.

Bukan hanya sekedar unjuk prestasi, tapi juga menjadi panggung munculnya talenta-talenta muda dan memuaskan antusiasme komunitas pecinta balap di Indonesia.

Setelah sebelumnya berlomba di kejuaraan lokal dan nasional, kini mereka akan berlaga di putaran ketiga Pertamina Mandalika Racing Series. Ajang hasil kolaborasi PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan inJourney dengan dukungan Pertamina ini merupakan babak penting karena menjadi standar bagi pebalap Indonesia. Sebab, digelar jelang Asian Road Race Championship (ARRC) putaran ke-4 pada 26-28 Juli di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika yang akan diikutinya.

Dari total peserta tersebut, kejurnas yang diikuti sebanyak 118 orang adalah pelari papan atas Indonesia Veda Ega Pratama, Galang Hendra Pratama, Andi Gilang, Wahyu Aji Trilsaksana, Rey Ratukore, Fahmi Basam dan lain sebagainya. Juara nasional yang berpartisipasi antara lain Sport 150, Sport 250, Supersport 600, serta Junior Sport 150 U-15, Underbone 150 Open, serta Supersport 600 dan Superbike 1000 Community.

Menurut Priandhi Satria, Direktur Senior MGPA, kehadiran Kejuaraan Nasional Pertamina Mandalika Racing Series menjadi daya tarik bagi seluruh pebalap Indonesia untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami terus berinovasi untuk bisa menjadi tuan rumah kejuaraan ini agar tetap mengedepankan kualitas dalam segala hal yang berorientasi pada standar internasional. Tentu saja tujuan yang dicapai harus diimbangi dengan upaya dan dukungan semua pihak. Kehadiran Pertamina Mandalika Racing Series antara lain mempersatukan pebalap lokal agar bisa bersaing dan meraih prestasi internasional seperti ARRC yang akan berlangsung pada 26-28 Juli, kata Priandhi. .

Salah satu pebalap kebanggaan Indonesia, Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang mengaku, Pertamina Mandalika Racing Series akan digunakan untuk persiapan ARRC. Andi Gilang yang turut bertanding mengatakan, “Saya sangat bersyukur dengan adanya MRS karena merupakan ajang bergengsi di Indonesia dan menjadi tempat latihan balap se-Asia di kelas ASB 1000 ARRC 2024.

Tak hanya soal kompetisi dan prestasi, putaran ketiga Pertamina Mandalika Racing Series juga mengusung tema sport dan keberlanjutan. Hal ini terkait dengan Program Global Global Motor Federation (FIM) Menuju Kesadaran Motor Sport dan Kelestarian Lingkungan. Menyeimbangkan kemajuan teknologi dan melestarikan lingkungan adalah salah satu tujuan dari pemahaman ini. Mengurangi dampak balap terhadap lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, menggunakan tikar dan menggunakan air juga merupakan hal kecil yang digalakkan.

“Kejuaraan Nasional Pertamina Mandalika Racing Series merupakan ajang sosial olahraga pertama dan kampanye keberlanjutan bagi penyelenggara dan pelari berdasarkan aturan FIM.” Eddy Saputra, Wakil Ketua Olahraga Motor IMI Pusat, mengatakan.

Pada Jumat (12/7/2024) digelar dua sesi latihan bebas yang dilanjutkan dengan sesi latihan kualifikasi pertama dan balapan pada Sabtu (14/7/2024) yang akan menampilkan Superpole dan balapan kedua.

Pertamina Mandalika Racing Series 2024 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovasi MGPA, ITDC dan InJourney, serta Honda, LFN, Pirelli, Yamaha, Aspira Premio, GS Astra, BRT Racing, BRT Electric, KYB, Cargloss, Arai Indonesia , YSS, Pikoli, MS Glow untuk Pria, RCB, Uma Racing, MFZ Racing, Hydro Coco, Chemco, Nissin Samurai Brake dan Narmada.

Tak hanya sekedar balap motor biasa, Pertamina Mandaliak Racing Series juga menampilkan potensi perekonomian masyarakat sekitar dengan menyediakan stand UMKM dengan beragam pilihan makanan dan minuman.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours