Pemkot Jaktim gelar “Nganten Temat” di Kramat Jati

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – Pemerintah Kota Jakarta Timur (Bemkot Jagtim) menggelar Nganten Temat 4 pada Sabtu dan Minggu (4/8) di Lapangan Bulak Rantai Kelurahan Tengka, Kecamatan Gramat Jati, Jakarta Timur, untuk mendukung pertahanan Petawi, Sabtu. dan Minggu (4/8). Ketaatan terhadap budaya, serta nilai-nilai agama. “Ini sangat bagus dan saya sangat mengapresiasinya karena merupakan upaya melestarikan budaya Petawi sekaligus ikut serta dalam kegiatan keagamaan seperti mengaji,” kata Wali Kota Eksekutif Jakarta Timur M Anwar, Sabtu di Jakarta. Nganten Temat merupakan tradisi masyarakat Condet Betawi yang merupakan ungkapan rasa syukur atas kehadiran Tuhan dan menyambut baik keberhasilan seorang anak (katham) belajar mengaji dengan baik.

Menurutnya, kegiatan ini akan memacu anak-anak untuk menyelesaikan 30 Joos (Qatham) Al-Quran. Anwar mengingatkan warga untuk terus mendukung dan menjaga kegiatan positif ini agar generasi muda bisa lebih banyak belajar dan melestarikan budayanya. Baca juga: Kampung Condet Unggul Melestarikan Keaslian Budaya Betawi “Saya berharap kegiatan ini dapat menyadarkan generasi muda untuk mengenal dan menjaga budayanya karena sangat positif,” ujarnya. Selain itu, sesama warga saling bertemu dan berinteraksi sehingga menjadi ajang silaturahmi dan meningkatkan perekonomian melalui kehadiran usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM). Yang menarik dari kegiatan ini adalah terjalinnya kerjasama yang harmonis antara seluruh elemen masyarakat, mulai dari Forum Betawi Maju, pemerintah kota, pelaku media, hingga pemuda kasta desa.

Ketua Forum Betawi Maju Martani Ali Sera mengapresiasi kerja sama Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam menyelenggarakan acara “Nganten Temat” ini. “Saya sangat mengapresiasi kerja sama Pak Wali Kota dan jajaran yang membantu kami. Anak-anak di sini sangat senang dan saya berharap generasi muda di Jakarta Timur semakin mendapat kesempatan untuk terus berkembang,” ujarnya. Baca Juga: Pemkot Jakpus Tebar Semangat Tenabong Idul Fitri di Dua Kelurahan Kali ini acara akan dimeriahkan dengan prosesi dan prosesi Temat Nagantan, ceramah agama, pertunjukan seni budaya Petawi seperti Palang Bindu, Tanjitor, Ondal. Tarian Odal, Silat dan Petavi.

Pada hari kedua, acara juga akan menampilkan berbagai lomba rakyat seperti Ponton Betawi, Lomba Mewarnai, Lomba Masak Kue Dongle, Lomba Pembuatan Bir Bledok dan hiburan musik. Selain itu, akan ada kegiatan olah raga, bazar, media, pertandingan keagamaan dan hiburan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours