Karhutla di Muaro Jambi, 5 Hektare Lahan Perkebunan Warga Terbakar

Estimated read time 1 min read

MUARA JAMBI – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Negara Bagian Muara Jambi. Sedikitnya 5 hektar lahan pertanian milik warga Desa Gerunggung, Sekernan, ludes dimakan ayam merah pada Jumat (20 Juli) malam.

Tak pelak, kobaran api yang menyala merah di kegelapan malam terus menjalar dan membakar perkebunan sawit warga. Selain itu, musim kemarau dan minimnya sumber air di lokasi kejadian membuat lahan lebih mudah terbakar.

Petugas gabungan TNI, Polri, BPBD Muara Jambi yang mendapat informasi langsung menuju lokasi kebakaran. Dengan peralatan seadanya, mereka kesulitan memadamkan api.

Kebakaran terjadi di lahan pertanian warga, kata Kapolres Muara Jambi AKP Rudi Hambali, Sabtu (20/7/2024).

Menurut dia, lahan tersebut merupakan lahan pertanian dan diperkirakan luas kebakaran sekitar 5 hektare. Setelah dilakukan upaya pemadaman api, kurang lebih 4 jam kemudian api berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

Polres Muaro Jambi langsung memasang garis polisi di area lokasi kebakaran untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

“Saya mengimbau warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Apapun itu, apalagi saat ini kita memasuki musim panas,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours