Gaikindo: Pengunjung GIIAS 2024 Kemungkinan Naik Hingga 5 Persen

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, TANGERANG – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 18-28 Juli 2024, jumlah pengunjung meningkat dua hingga lima persen dibandingkan program yang sama tahun lalu. Data kami belum lengkap, tapi indikasi jumlah pengunjung yang datang sekitar dua hingga lima persen, kata Yohanes Nangoi, General Manager Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di penghujung GIIAS 2024 di ICE. BSD. Kota. Tangerang, Banten, Minggu.

Ia juga belum bisa merinci total capaian transaksi tersebut karena proses akuntansi masih berlangsung hingga berakhirnya pagelaran GIIAS 2024 pada 28 Juli mendatang. Namun, ia memperkirakan berdasarkan merek yang berpartisipasi, ada yang tumbuh, ada yang tetap, dan ada pula yang menurun dibandingkan GIIAS tahun lalu.

“Saya tanya banyak brand, ada yang flat, ada yang agak turun, ada yang naik. Tapi yang pasti pendatang baru cukup puas dengan penjualannya sejauh ini karena baru pertama kali ikut serta,” ujarnya.

Yohanes juga menyebutkan kendaraan listrik seperti battery electric vehicle (BEV) dan hybrid juga mengalami pertumbuhan penjualan dari tahun lalu, meski kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE) masih mendominasi penjualan.

“Ketika masyarakat mulai menyadari bahwa mobil hybrid lebih murah dari segi bahan bakar fosil dan memiliki emisi gas buang yang lebih baik, harga pun mulai bersaing,” kata Yohanes.

Sebelumnya, Gaikindo mengumumkan laporan penjualan mobil semester I 2024 kembali menunjukkan hasil mengecewakan.

Penjualan grosir pada semester I 2024 sebanyak 408.012 unit, turun 19,5 persen dibandingkan 2023 sebanyak 506.427 unit.

“Pada bulan Juni terjadi penurunan sekitar 19 persen dari tahun lalu. Tapi mobil hybrid dan listrik meningkat, padahal total volumenya turun 19 persen. Saya berharap dengan bantuan GIIAS ini bisa ditingkatkan lagi, “ucap Yohanes..

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours