Gerindra Tegaskan Prabowo Libatkan Gibran dalam Pembentukan Kabinet

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subiano – Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024, sejumlah calon menteri kian menyita perhatian publik. Beberapa pejabat telah mengunjungi kediamannya, sedangkan Gibran jarang terlihat. Di depan umum, akhirnya untuk sementara.

Hal ini memunculkan berbagai spekulasi mengenai peran Gibran dalam proses pembentukan kabinet yang dicita-citakan Prabowo. Menanggapi hal tersebut, Politikus Partai Garindra Ahmad Reza Patria menegaskan, Prabowo Subiano menyertakan Gibran dalam pembentukan kabinet pemerintahannya.

Riza Patria seperti dikutip, Sabtu (4/5/2024), “Iya, tentu Pak Prabowo harus diikutsertakan dalam pembentukan pemerintahan, tentunya dengan Wakil Presiden terpilih Mas Gibran.

Tak hanya Gibran yang terpilih sebagai wakil presiden, Prabowo juga mengajak seluruh pimpinan parpol koalisinya untuk membahas pembentukan pemerintahan, kata Ariza.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengaku belum mengetahui siapa saja yang akan masuk dalam kabinet pemerintahan Prabowo. Ia meminta bersabar dan menunggu pengumuman langsung yang akan disampaikan oleh Prabowo.

Mari kita wait and see. Ini hak prerogratif Pak Prabowo sebagai presiden yang baru terpilih, ujarnya.

Menurut Ariza, siapa pun yang dilantik di pemerintahan adalah orang-orang profesional dan terbaik yang mampu mengemban amanah yang diberikan.

“Dan untuk mewujudkan program-program tersebut berjalan selama 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Harian Garindra, Sufmi Dasco Ahmed mengatakan, persiapan kabinet Prabowo-Gibran ditargetkan rampung sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden 2024-2029.

“Tujuan Presiden terpilih akhirnya selesai H-5 (pembentukan kabinet pemerintahan),” kata Dusco, Senin (30/9/2024) di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senan, Jakarta.

Wakil Ketua DPR itu mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, pembicaraan mengenai kabinet masih sangat dinamis. Khususnya soal nama-nama berbagai tokoh yang diajukan partai politik yang mereka dukung menjadi menteri.

“Nama-nama, apalagi parpol, yang porsinya tidak lebih banyak dari yang profesional, maka biarlah mereka datang, menarik sebagian, mungkin akan memakan waktu lama bagi pemerintah untuk menemukan solusi akhir,” kata Dusko dikatakan.

Karena itu, dia meminta semua pihak bersabar menunggu pengukuhan resmi pimpinan kabinet. Pasalnya, Prabo sebagai presiden terpilih juga mempunyai keistimewaan tersebut. Dia berkata, “Kita akan lihat bagaimana sikap kabinet ketika saatnya tiba.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours