Warga mulai padati Kedubes Vatikan untuk lihat Paus Fransiskus

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Warga setempat berkumpul di sekitar Kedutaan Besar Vatikan di Gambir, Jakarta Pusat, untuk menemui Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik dan kepala negara Vatikan, sebelum menuju ke Istana Negara pada Rabu. Pagi harinya, mulai pukul 08.10 WIB, warga berganti pakaian bersih dan mengeluarkan ponsel untuk mengabadikan momen keluar dari Kedutaan Besar Vatikan.

Mateus Rusdi Ardiyanto, 45, warga Bogor, mengungkapkan rasa syukurnya Paus Fransiskus akhirnya datang ke tanah air. Mateus tiba di Kedutaan Besar Vatikan bersama istrinya pada pukul 07.30 WIB. Mateus berkata: “Saya telah berada di sini bersama istri saya sejak jam setengah tujuh. Saya berangkat dari Bogor pukul enam pagi untuk hadir langsung bersama Paus dan menemui langsung beliau saat meninggalkan kedutaan.” Baca juga: Paus Fransiskus Sapa Massa di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. Ia berharap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi simbol besarnya toleransi, keberagaman, dan perdamaian dunia. “Saya berharap Indonesia menjadi lebih baik, dunia menjadi lebih damai dan tentunya kita semua bisa bahagia,” kata Mateus.

Warga lainnya membawa plakat putih bertuliskan “AKU PAUS,” yang melambangkan cinta dan gairah.

Sementara itu, peningkatan operasi pengamanan oleh personel gabungan polisi dan TNI mulai dilakukan di sekitar Jalan Medan Merdeka Timur. Baca juga: Paus Bisa Melihat Kedutaan Besar Vatikan dari Jarak 50 Meter. Warga diminta tidak menghalangi jalan atau berkumpul di depan Kedutaan Besar Vatikan demi kelancaran perjalanan Paus Fransiskus. . Paus Fransiskus, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Universal dan Kepala Negara Vatikan, beserta rombongan tiba di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, Gambir, Jakarta pada Selasa (3 September) sekitar pukul 12.26 WIB.

Kedatangannya disambut hangat oleh masyarakat sekitar Kedutaan Besar Vatikan. Dalam perjalanan dari Bundaran HI di Lapangan Patung Kuda menuju Kedutaan Besar Vatikan, ia melihat reaksi masyarakat terhadap tepuk tangan atas kedatangan Paus di depan Kedutaan Besar Vatikan.

Paus Fransiskus merencanakan kunjungan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor-Leste dan Singapura pada tanggal 2 hingga 13 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus di kawasan Asia-Pasifik pada 3-6 September 2024. Baca juga: Vatikan mengirimkan 545 staf untuk menjaga kedutaan selama kunjungan kepausan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Wanimo pada 6 hingga 9 September 2024 dan Dili (Timor) pada 9 hingga 11 September 2024 (Leste) dan kunjungan ke Singapura dari 11 hingga 11 September 2024. 13 September 2024.

Pemimpin Katolik itu akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu ini. Kemudian pada 5 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri pertemuan lintas agama di Masjid Istiklal Jakarta dan melanjutkan pertemuannya dengan para penerima amal di kantor Konferensi Waligereja Katolik Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours