Kebiasaan 5 Menit yang Bantu Anda Tidur Lebih Cepat

Estimated read time 4 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Anda mungkin mengenal beberapa orang yang bisa langsung tertidur begitu kepala menyentuh bantal. Bagi sebagian lainnya, tidur bisa menjadi aktivitas yang membosankan. Apakah Anda tidak lelah, ada banyak hal yang dipikirkan, Anda tidak bisa merasa nyaman, atau apa, masalah tidur yang umum dapat mengganggu istirahat Anda.

“Tidur itu penting secara umum, dan setiap orang yang tidur memiliki preferensi uniknya sendiri untuk meningkatkan kualitas tidurnya,” kata spesialis pengobatan tidur di New Jersey, Dr. Peter Polos.

Dia mengatakan ada banyak elemen yang berkontribusi terhadap tertidur. Apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain, tetapi kuncinya adalah menemukan elemen yang cocok untuk Anda dan berusaha untuk mematuhinya sebelum tidur. Beberapa ahli tidur dan dokter memberikan nasihat tentang cara terbaik untuk tidur. Mereka menyarankan beberapa trik tidur lima menit yang bisa Anda coba saat tiba waktunya tidur. 

Berikut pernyataan yang dilansir Huffington Post, Selasa (9/3/2024):

1. Lakukan brain dump

Kecemasan adalah salah satu alasan utama mengapa orang sulit tidur dan bisa jadi disebabkan oleh pikiran yang tidak terkendali. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan melakukan brain dump.

“Tuliskan semua yang ada di pikiran Anda di buku catatan. Brain dump ini dapat membantu menghilangkan pikiran-pikiran dari otak yang mungkin membuat Anda tetap terjaga,” kata Rebecca Robbins, peneliti tidur dan pakar tidur di Aura (perangkat yang menjanjikan untuk membantu memaksimalkan tidur, aktivitas dan pemulihan). Hal ini diharapkan tidak hanya membantu menjernihkan pikiran dari pikiran-pikiran yang berpacu, namun juga menjaga pikiran-pikiran tersebut dalam bentuk nyata, yang khususnya berguna bagi mereka yang takut akan melupakan sesuatu yang penting ketika hendak tidur.

2. Matikan perangkat elektronik 

Baik itu komputer, ponsel, atau tablet, sebaiknya jauhi perangkat elektronik sebelum tidur. “Saya biasanya menyarankan untuk meletakkan perangkat di tempat yang tidak mudah ditarik dari tempat tidur,” seperti di bawah bantal, kata Dr. Christine Gill, psikiater dan kepala petugas medis di Minded, sebuah perusahaan psikiatri online yang dirancang untuk wanita.

“Ini dapat membantu menahan godaan untuk mulai menelusuri email atau halaman media sosial,” ujarnya lagi.

Anda sebaiknya tidak menggunakan ponsel Anda setidaknya 30 menit sebelum tidur di malam hari. “Cahaya biru dari perangkat tersebut dapat mengganggu pelepasan hormon alami melatonin, yang membantu meningkatkan kualitas tidur,” kata Polos.

3. Lakukan latihan pernapasan untuk membantu Anda rileks

Anda mungkin sudah familiar dengan latihan pernapasan sebagai salah satu cara mengatasi kecemasan, namun latihan ini juga berguna untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. “Pernapasan membantu mengurangi gairah fisiologis ketika sistem saraf Anda dalam keadaan tinggi atau aktif, biasanya karena stres atau kegembiraan,” kata Sarah Silverman, dokter tidur holistik dan spesialis pengobatan tidur perilaku.

Ia mengatakan bahwa seseorang tidak memiliki banyak kendali ketika ia benar-benar sedang tidur. Menurut Silverman, tidur merupakan proses pasif dan terjadi ketika Anda tidak secara aktif mencoba untuk tertidur. Namun, Anda memiliki banyak kendali atas pernapasan Anda dan apa yang Anda lakukan untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Salah satu latihan pernapasan favorit Silverman adalah pernapasan kotak, yang melibatkan menarik napas selama empat detik, menahan napas selama empat detik, membuang napas selama empat detik, dan menahannya selama empat detik.

Sementara itu, Gill mengatakan meditasi yang dirancang untuk tidur juga dapat bermanfaat karena suara yang menenangkan dapat membantu Anda rileks dan memberikan rasa tenang untuk tidur. Latihan pernapasan dapat membantu pikiran dan tubuh Anda menjadi tenang.

4. Pastikan kamar tidur memiliki suhu yang nyaman

Saat mendekati waktu tidur, Anda perlu memastikan ruangan memiliki suhu yang nyaman dan ideal agar lebih mudah tidur. “Tidur di lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat stres karena memengaruhi suhu inti tubuh dan mengganggu tidur Anda pada tahap awal,” kata Polos.

Menurutnya, menyetel termostat ke suhu yang nyaman dapat memberikan solusi cepat yang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Polos merekomendasikan suhu 19 hingga 20 derajat Celcius.

5. Lakukan aktivitas yang tenang dan menyenangkan

Meskipun menonton TV itu menyenangkan, lebih baik lakukan aktivitas yang tidak memerlukan layar. Anda dapat meluangkan waktu lima menit untuk menyusun puzzle atau mewarnai halaman di buku mewarnai dewasa. Ini adalah cara untuk melakukan sesuatu yang ringan dan sama mengganggunya, dan mengalihkan fokus dari upaya untuk tertidur dan malah memberi Anda sesuatu untuk bersantai.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours