Peran Penting Sistem Informasi Dalam Dunia Bisnis

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA — Sistem informasi memegang peranan penting dalam bisnis, organisasi, dan masyarakat modern. Sistem informasi memungkinkan pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, dan distribusi informasi dalam suatu perusahaan. 

Penting untuk mendukung pengambilan keputusan, komunikasi dan pemecahan masalah dalam manajemen.

Mengapa penerapan sistem informasi yang didukung teknologi baru berdampak pada perkembangan dunia bisnis? Menurut Kenneth Loudon dalam bukunya “Management Information Systems: Managing Digital Firms”, penerapan sistem informasi yang didukung oleh perkembangan teknologi informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan bisnis perusahaan.

Dalam bukunya, Laudon mengemukakan bahwa ada tiga aspek perkembangan teknologi yang saling berkaitan erat, antara lain: perkembangan platform digital mobile, pertumbuhan layanan komputer online, dan pertumbuhan layanan cloud computing yang sangat pesat.

Penggunaan perangkat mobile seperti smartphone memungkinkan seseorang mengakses informasi tanpa dibatasi oleh lokasi dan waktu. Internet memudahkan kita dalam mengakses informasi namun juga dalam menggunakan berbagai aplikasi online dari segala sumber. Ketersediaan layanan cloud computing menjadi pilihan efektif dalam pengolahan informasi bagi perusahaan.

Lalu hal penting apa saja yang dapat dilakukan sistem informasi bagi suatu organisasi atau perusahaan?

1. Meningkatkan proses pengambilan keputusan

Sistem informasi menyediakan konten dan informasi yang tepat berdasarkan kebutuhan proses pengambilan keputusan. Hal ini dapat mengurangi kesalahan dan meningkatkan efisiensi operasional.

2. Meningkatkan kualitas komunikasi

Sistem informasi mendukung komunikasi antara manajer perusahaan dengan karyawan, pelanggan, pemasok dalam komunikasi dan kerjasama antar mereka.

3. Pengelolaan data yang lebih baik

Sistem informasi dapat menangani data dalam jumlah besar, mengolah dan menyampaikan informasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

4. Layanan pelanggan yang lebih baik

Sangat penting bagi suatu perusahaan jika pelanggannya memiliki akses terhadap informasi produk, mendapatkan informasi yang berharga dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya

Otomatisasi dapat dilakukan melalui sistem informasi sehingga karyawan perusahaan dapat lebih fokus pada aktivitas strategis. Hal ini juga memungkinkan pemrosesan informasi tanpa kertas, sehingga mengurangi biaya.

6. Peningkatan keamanan

Penggunaan sistem informasi hanya dimungkinkan dengan metode otentikasi pengguna untuk mencegah penyalahgunaan. Langkah-langkah enkripsi data juga diterapkan untuk melindungi informasi dari kejahatan dunia maya.

7. Analisis data

Sistem informasi memungkinkan organisasi menganalisis data dan mengidentifikasi pola data, tren data, dan tren yang mendukung keputusan strategis.

Kesimpulannya adalah sistem informasi sangat penting bagi organisasi untuk dapat melakukan pekerjaannya secara efisien, efektif dan kompetitif dalam mengambil keputusan dan meningkatkan efisiensi pelanggan.

Di University of Cyber ​​khususnya dalam bidang studi sistem informasi, menjadi system engineer merupakan salah satu lulusan yang mampu memanfaatkan berbagai keunggulan sistem informasi tersebut dalam penerapan sistem informasi meningkatkan kesuksesan bisnis. perusahaan. .

Penulis: Dwipo Setyantoro, S.Com, MMSI, Ketua Program Studi Sistem Informasi mahasiswa CyberUniversity

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours