Airlangga: King’s College London KEK Singhasari dukung Indonesia Emas

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Menteri Koordinator Perekonomian Airlanga Hartarto mengatakan kehadiran King’s College London (KCL) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singsari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, merupakan upaya membantu mewujudkan visi tersebut. Indonesia Emas 2045.

Airlanga mengucapkan selamat kepada King’s College London atas diresmikannya angkatan pertama di KEK Singsari sebagai KEK akademik dan Zona Pembangunan Manusia (HDZ) akademik pertama di Indonesia.

“Meski saya berhalangan hadir dalam acara tersebut, namun saya bangga menyaksikannya karena tidak hanya merupakan prestasi akademis tetapi juga merupakan tonggak penting perjalanan Indonesia menuju konsep Indonesia Emas 2045,” kata Airlanga Hartarto. Jakarta, Selasa.

Peresmian kampus KCL di KEK Sinhasari tahap pertama diawali dengan program Magister Ekonomi Digital. Pada bulan Januari 2025, program ini akan diperluas hingga mencakup program Digital Futures Masters.

Selain itu, dalam lima tahun ke depan akan diluncurkan serangkaian program lanjutan seperti hukum digital, psikologi, dan keamanan siber, dan setidaknya akan ada 750 mahasiswa yang mengikuti program tersebut di kampus KCL Sinhasari.

Kampusnya terbuka dan mahasiswa dari seluruh tanah air dapat mengaksesnya untuk memperoleh pendidikan berstandar internasional tanpa harus bepergian ke luar negeri.

“Saya senang mengetahui di kelas tersebut terdapat siswa-siswi dari perusahaan BUMN seperti PLN, Pertamina dan Telkom Indonesia, serta pejabat dari Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Peresmian kampus KCL gelombang pertama di KEK Singsari ini dilaksanakan dalam rangka memperingati 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Inggris dan Indonesia.

Indonesia telah diakui oleh Departemen Bisnis dan Perdagangan Inggris sebagai mitra utama pengembangan pendidikan. Berdirinya kampus KCL menjadikannya sebagai universitas Russell Group pertama yang menyelenggarakan pendidikan transnasional berbasis tempat (place-based TNE) di Indonesia.

Airlangga juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut berkontribusi dalam pengembangan KCL, antara lain Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), serta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

“Saya berharap kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan membuahkan hasil yang bermanfaat tidak hanya bagi siswa tetapi bagi seluruh pemangku kepentingan dan khususnya bagi KCL dan saya berharap kedepannya jumlah siswa akan terus bertambah,” tegasnya kembali. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours