Biden ingatkan warga Florida, badai Milton bisa jadi yang terburuk

Estimated read time 2 min read

Washington.

Biden mendesak masyarakat untuk mengungsi “segera, sekarang, sekarang, sekarang,” dan mengatakan Milton “bisa menjadi badai terkuat yang melanda Florida dalam seratus tahun.”

“Anda seharusnya pindah. Ini masalah hidup dan mati,” katanya kepada warga yang berada di jalur perkiraan Badai Milton.

Setelah mencapai angin Kategori 5 pada Senin (7/10), Milton diturunkan menjadi angin Kategori 4 pada Selasa.

Badai ini menghasilkan kecepatan angin 145 mph (230 km/jam) saat bergerak melalui perairan hangat Teluk Meksiko.

Pada Senin pagi, Biden menyetujui keadaan darurat di Florida karena negara bagian tersebut terus pulih dari Badai Helen, dan Badai Milton diperkirakan akan melanda.

Tindakan Presiden ini memudahkan pemerintah untuk mendukung para pemimpin.

Berbeda dengan Helen, Milton diperkirakan bergerak ke timur laut melalui Florida sebelum memasuki Samudera Atlantik pada Kamis (10/10).

Pusat Badai Nasional (NHC) mengatakan badai tersebut masih “sangat kuat” dan “diperkirakan akan meningkat menjadi badai yang sangat parah saat mendekati pantai barat Florida pada hari Rabu.”

“Gelombang badai yang merusak dengan ketinggian air setinggi 10 kaki atau lebih diperkirakan terjadi di Florida tengah barat. Jika Anda berada di area peringatan badai, ini adalah situasi yang mengancam jiwa dan Anda harus mengungsi jika Anda memesan hari ini. Otoritas setempat.”

“Tidak akan ada cukup waktu untuk menunggu hingga hari Rabu,” tambahnya.

Milton diperkirakan akan tetap menjadi badai saat bergerak melintasi Florida dan menuju Atlantik, membawa angin kencang dan hujan yang akan menyebabkan banjir.

Curah hujan diperkirakan mencapai 41 cm.

Sebagian besar wilayah Florida, dari Tampa Bay di pantai barat hingga Orlando di timur, beresiko tinggi terkena banjir.

Kecepatan angin atau banjir permukaan laut juga diperkirakan terjadi di sekitar Tampa.

Menurut NHC, permukaan air di wilayah tersebut akan naik tiga hingga 4,5 meter.

Badan tersebut juga mengatakan persiapan untuk “pemadaman listrik yang berkepanjangan” harus diselesaikan pada Selasa malam.

Gedung Putih sebelumnya mengumumkan bahwa Biden telah menunda perjalanan ke Jerman dan Angola yang dijadwalkan dimulai minggu ini untuk mengawasi tanggapan federal terhadap Badai Milton.

Kunjungan Biden pada 13-15 Oktober ke Angola akan menjadi perjalanan pertamanya ke Afrika sejak menjabat pada tahun 2021, dan diharapkan memenuhi janjinya untuk mengunjungi benua tersebut sebelum masa jabatannya berakhir.

Presiden mengatakan dia berencana mengunjungi Angola, dan pada hari Selasa dia akan mendiskusikan rencana perjalanan dengan Perdana Menteri Jerman Olaf Scholz.

“Kami berbicara dengan orang-orang itu, dan itu tidak masalah, tapi saya akan menelepon mereka hari ini,” katanya.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours