Menteri Investasi sebut ekosistem IKN sudah mulai terbentuk

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rozan Roslani mengumumkan pembentukan ekosistem ibu kota pulau atau IKN di Kalimantan Timur telah dimulai.

“Jadi ekosistem (IKN) mulai terbentuk. Kami yakin ini akan terus berlanjut. “Kami di Kementerian Investasi sangat senang karena investor asing sudah mulai berdatangan dalam dua minggu terakhir,” kata Rozan dalam konferensi pers di Jakarta.

Kementerian Investasi melanjutkan upaya fokusnya untuk menarik investasi berkelanjutan dan produktif ke IKN.

“Kita harus proaktif dan terbuka dengan mereka, juga dalam hal regulasi dan pembebasan lahan. Kita yakin ekosistemnya sudah terbentuk. Alhamdulillah kita akan pilih yang dampaknya akan bertahan lama dan bertahan lama di masa depan,” kata Rozanne.

Untuk lebih jelasnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rozan Rozlani mengatakan ada lima perusahaan asing lagi yang berinvestasi di IKN dengan total modal 165 juta dolar atau 2,51 triliun dolar (kurs hari ini = 15 Rupiah).

Salah satunya adalah perusahaan Singapura Sembcorp Utilities Pty Ltd yang telah menginvestasikan $65 juta (Rs 987,35 miliar) untuk membangun panel surya berkapasitas 50 megawatt (MW).

Tak hanya di bidang energi, Raffles Education Limited Company yang bergerak di bidang pendidikan asal Singapura juga berminat berinvestasi di IKN.

Rozan mengatakan, investasi di IKN menunjukkan investor swasta dan BUMN bisa bersinergi dan tidak harus saling bersaing.

Potensi ini sangat besar bagi perkembangan perekonomian di Indonesia. Dia percaya bahwa ini membutuhkan banyak investasi. Sehingga dibutuhkan peran BUMN dan swasta untuk mewujudkannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours