Ini Capaian Jokowi dalam Pembangunan Infrastruktur Selama 10 Tahun

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan keberhasilan pembangunan infrastruktur Indonesia selama 10 atau dua periode kepemimpinannya. Hal itu disampaikan pada Jumat (16/8/2024) pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Senayan, Kompleks Parlemen Jakarta.

Dikatakannya, dengan 10 tahun pembangunan yang berpusat pada Indonesia, pemerintah mampu membangun landasan dan peradaban baru dari pinggiran, mulai dari desa-desa dan daerah-daerah terpencil.

Alhamdulillah dalam 10 tahun terakhir kita mampu membangun landasan dan peradaban baru dengan pembangunan yang berpusat pada Indonesia, membangun dari pinggiran, membangun dari desa, dan membangun dari daerah pinggiran, kata Jokowi.

Hingga saat ini, pemerintah telah membangun 366.000 km jalan desa, 1,9 juta jembatan desa, 2.700 km jalan tol baru, 6.000 km jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, 43 bendungan, dan 1,1 juta hektar jaringan jaringan listrik . Irigasi baru.

Dengan pembangunan infrastruktur, pemerintah berhasil menurunkan biaya logistik dari 24 persen menjadi 14 persen pada tahun 2023.

Dengan demikian, Indonesia bisa meningkatkan daya saingnya pada tahun 2024 dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27.

“Persatuan mampu kita perkuat karena pendekatannya lebih setara dan adil,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyinggung ketahanan bangsa Indonesia yang dibuktikan dengan ketangguhan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19, perubahan iklim, dan geopolitik global yang semakin memanas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours