Astra: 70 Persen Pasar Kendaraan Elektrifikasi Didominasi Mobil Hybrid

Estimated read time 1 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Pada konferensi pers virtual Public Expose 2024 PT Astra International Tbk yang digelar Kamis, Direktur PT Astra International Tbk Henry Tanoto mengatakan sekitar 70% pasar kendaraan listrik Indonesia didominasi oleh kendaraan hybrid.

“Elektrifikasi di pasar Indonesia memang sedang tumbuh, dimulai dari tahun lalu 6,6% dan sekarang sekitar 9,3%, dan sebagian besar dari 9,3% itu, sekitar 70%, adalah hybrid,” – ujarnya.

Meski pasar kendaraan listrik murni dan baterai listrik (BEV) sedang berkembang, Henry mengatakan penerimaan masyarakat terhadap kendaraan hybrid jauh lebih baik. Hal ini disebabkan keunggulan mobil hybrid: selain lebih irit dalam konsumsi bahan bakar, mobil ini tidak memerlukan infrastruktur khusus seperti BEV.

Henry melanjutkan, kendaraan yang memadukan tenaga listrik dan bensin merupakan kendaraan rendah emisi dan memiliki nilai jual kembali yang tinggi di pasar saat ini.

“Selain konsumsi bahan bakar yang lebih baik, emisi yang lebih baik, nilai jual kembali juga sangat baik, dan beberapa model hybrid bahkan terjual lebih baik dibandingkan mobil ICE (mesin pembakaran internal, yaitu non-listrik),” tambahnya. Henry.

Selain itu, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry mengatakan pangsa pasar kendaraan hybrid di Indonesia juga sangat bagus dan sudah mencapai sekitar 60%.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours