Inilah 5 Jenderal TNI yang Bertugas di Pusat Zeni Angkatan Darat

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Jenderal TNI di Pusat Teknik Angkatan Darat (Pusziad) berjumlah lima orang. Terdiri dari satu perwira senior (Pati) dan tiga Pati bintang satu.

Pusat Teknik Angkatan Darat sendiri merupakan Badan Eksekutif Pusat (ECA) di tingkat Angkatan Darat yang fungsi utamanya membina dan melaksanakan fungsi insinyur Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Sedangkan Zeni merupakan satuan militer yang bertugas mendukung operasi tempur pasukan TNI AD. Faktanya, hal itu memudahkan pergerakan pasukan sahabat dan menghambat pergerakan musuh.

5 jenderal di pusat teknik angkatan darat1. Brigjen Faried Darman Hamid Faried Darman Hamid lahir pada tanggal 7 Februari 1970 di Makassar, Sulawesi Selatan. Pada 2 Oktober 2023, ia diangkat menjadi Direktur Cabang Pusziad menggantikan Brigjen TNI Mochamad Asrofi.

Sebelumnya, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 ini menjabat sebagai kepala sekolah Sescoad mulai tahun 2020. Beliau juga pernah menjabat sebagai Aslog Kasdam IV/Diponego pada tahun 2015.

2. Brigjen Saptono Syawarudi Saptono Syawarudi lahir pada tanggal 9 Juni 1970 di Kotabumi, Lampung Utara, Lampung. Sejak 29 Maret 2023 menjabat sebagai Direktur Jenderal Pusat Teknik Angkatan Darat.

Lulusan Akademi Militer tahun 1993 ini sebelumnya menjabat sebagai Paban I/Ren Slogad mulai tahun 2022. Dalam riwayat profesinya, beliau pernah menjabat sebagai Paban I/Jakrenstra Srenum TNI pada tahun 2019 dan Asrendam Jaya pada tahun 2015.

3. Brigjen TNI Suvandi Brigjen TNI Suvandi merupakan salah satu perwira TNI yang menjadi bintang pada tahun 2024. Ia baru diberi gelar Brigjen TNI setelah menjabat Inspektur Pusziad pada Februari 2024.

Saat itu, siswa terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1994 itu menggantikan Brigjen TNI Ahmed Faisal yang diangkat menjadi Wakil Presiden Pusziad. Sebelumnya Suwandi berpangkat Kolonel Ji.

4. Brigjen TNI Ahmed Faisal Lalu ada Brigjen TNI Ahmed Faisal yang menjabat Wakil Kepala Pusat Teknik Angkatan Darat sejak 7 Februari 2024. Ia menggantikan Mayjen TNI Maryano yang ditunjuk sebagai Koordinator Staf Khusus Komando TNI.

Sebelum menjabat Wakil Presiden Pusziad, lulusan Akademi Militer angkatan 1989 ini menjabat Ir Pusziad pada tahun 2022. Ia juga tercatat sebagai Irdam Iskandar Muda pada tahun 2020.

5. Mayjen TNI Budi Hariswanto Terakhir ada Mayjen TNI Budi Hariswanto yang lahir tahun 1970 di Madiun, Jawa Timur. Mulai 5 April 2024, ia diperkirakan menjabat sebagai Kepala Pusat Teknik Angkatan Darat.

Lulusan Akademi Militer tahun 1992 ini sebelumnya bekerja sebagai instruktur spesialis di Bidang Strategi Sesko TNI sejak tahun 2023. Pada tahun 2021, ia juga menjabat Wakil Kepala Departemen Intelijen dan Hubungan Luar Negeri dan masih menjabat sebagai Kepala Badan Keamanan Nasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours