Wamentan: Pemerintah beri insentif petani untuk tingkatkan produksi 

Estimated read time 1 min read

Medan dlbrw.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengatakan pemerintah telah memberikan insentif kepada petani untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Pemerintah telah memberikan insentif kepada petani terkait subsidi pupuk, serta pemberian benih gratis sekitar 700.000 hektare, jadi sekitar 10 persen dari total lahan subur,” kata Wakil Menteri Pertanian Sudaryono di Medan, Sumut, Senin.

Ia meningkatkan hasil produk pertanian, seperti prioritas padi, dan juga produksi petani untuk menggunakan benih bersertifikat.

Sebab, menurut Sudaryon, penanaman benih bersertifikat dapat meningkatkan produksi padi sebesar 20 hingga 25 persen produktivitas pertanian.

“Selain itu, pemerintah terus memberikan subsidi pupuk yang juga meningkatkan produksi pertanian,” kata Wamentan.

Di sisi lain, dalam menghadapi El Nino, Kementerian Pertanian tengah menjalankan program blower untuk mengairi lahan tadah hujan.

“Iya, daerah yang jenuh hujan perlu ada air yang dialirkan ke sawah agar bisa ditanami untuk menambah dua hingga tiga kali panen berikutnya,” kata Sudaryono.

Misalnya di Sumut, serangan Agustus-September 2024 adalah tambahan lahan sekitar 97.000 hektar yang terdiri dari optimalisasi rawa, lahan tadah hujan dengan pompa dan hulu padi.

Rinciannya, optimalisasi lahan rawa seluas 30.442 hektar dengan luas pengembangan 4.030,30 hektar, pengembangan pemompaan 49.704 hektar, luas pengembangan 47.624 hektar dan luas tumpang tindih pagi hari 17.148 hektar, luas pengembangannya 10.386 hektar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours