KKP perkuat kolaborasi dengan para pemangku kepentingan lewat PKS

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menandatangani nota kesepahaman (PKS) dengan Badan Keamanan Pantai (Bakamla), Masyarakat Nasional, dan Rakyat Nasional serta memperkuat kerja sama dan kolaborasi dengan banyak mitra. Untuk mewujudkan ekonomi biru yang berkelanjutan. Badan Keluarga Berencana (BKKBN), Polri dan PT Bank Mandiri Persero Tibic.

“KKP tidak bisa bekerja sendiri dengan luasnya wilayah Indonesia yang memiliki 17.504 pulau yang tidak bisa dijangkau dengan tangan. Kita punya teknologi satelit, tapi informasi detailnya belum bisa didapat karena masih dalam tahap pengembangan yang sangat awal,” ungkapnya. Sakti Vahyu Trenggono, seorang nelayan. Di Jakarta, Senin.

Melalui koordinasi dan kerja sama dengan lembaga dan lembaga tersebut diharapkan mampu mendukung implementasi program Ekonomi Biru.

Lima kebijakan ekonomi biru tersebut adalah perluasan kawasan perlindungan laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pembangunan laut, pesisir dan darat yang berkelanjutan, pengelolaan dan pengendalian wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, serta partisipasi nelayan yaitu pembersihan sampah plastik. laut Bulan cinta.

Kerja sama KKP dengan mitra tersebut meliputi kerja sama baru dan kerja sama untuk melanjutkan kerja sama yang sudah ada.

Sementara dengan Bakamla, KKP bekerja sama khususnya dalam bidang perlindungan dan pemantauan sumber daya kelautan dan perikanan.

“KKP dan Bakamla telah melakukan patroli dan operasi bersama untuk mendukung kebijakan penangkapan ikan berbasis kuota dengan memantau dan mencegah IUU fishing, serta memperkuat pengendalian di laut,” ujarnya.

Sementara itu, KKP dan BKKBN bekerja sama untuk mencegah penurunan konsumsi ikan keluarga di wilayah pesisir dan melaksanakan program pengarusutamaan gender.

Selain itu, KKP dan Bank Mandiri juga bermitra untuk mendukung produk dan layanan perbankan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk masyarakat kelautan dan nelayan, serta program CSR untuk desa nelayan dan desa pertanian.

Sedangkan kerja sama KKP dengan Polri meliputi bantuan keamanan dan penegakan hukum di bidang kelautan dan perikanan.

Ia berharap, kombinasi kerja sama dan kemitraan ini dapat mendukung kemampuan sektor kelautan dan perikanan untuk mendominasi pasar global di masa depan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours