Kepulauan Seribu anggarkan Rp56,1 miliar untuk bangun tanggul pantai

Estimated read time 1 min read

Jakarta dlbrw.com – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu menganggarkan Rp56,1 miliar untuk membangun dermaga pantai di tiga pulau berpenghuni guna mencegah pencemaran.

“Saat ini dialokasikan Rp 56,1 miliar untuk Pulau Panggang, Pulau Tidung, dan Pulau Lankang,” kata Kepala Suku Dinas SDA Kepulauan Seribu, Mustajab, dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tinggi tembok Pulau Lankang 240 meter, lebar tiga meter, air tawar 127 meter, lebar rencana 1,2 meter, dan lebar rencana 4,8 meter.

Selanjutnya di Pulau Panggang, ketinggian air tawar mencapai 152 meter, lebar 0,4 meter, dan lebar 8,6 meter.

“Pulau Tidang memiliki panjang 450 meter dan lebar 3 meter. Diperuntukkan selama 180 hari kalender mulai 12 Juni hingga 8 Desember 2024,” ujarnya.

Mustajab mengatakan, pembangunan parit dan tanggul di tiga pulau tersebut merupakan upaya melindungi garis pantai dan mengurangi daya rusak air laut akibat pecahnya gelombang yang menyebabkan erosi pantai.

“Kami berharap dapat melindungi wilayah daratan dari kenaikan permukaan laut dan mencegah banjir. Selain itu juga sebagai pembatas antara wilayah daratan dan pantai serta meningkatkan stabilitas jalur pantai,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours