RI kembali tegaskan dukungan RI atas aksesi Timor Leste ke ASEAN

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan dukungan penuh Indonesia terhadap proses aksesi Timor sebagai anggota penuh ASEAN pada pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) ke-35 di Vientiane, Laos, Selasa.

Sebagaimana disampaikan dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Retno berpendapat bahwa sebagai salah satu langkah utama dalam mendorong integrasi, perlu ditingkatkan perannya dalam pertemuan-pertemuan ASEAN dan dalam politik.

“Saya kira sudah tiba waktunya bagi Timor Leste untuk ikut dalam perdebatan utama dan menetapkan prioritas ASEAN,” kata Retno dalam pidatonya.

Dalam pertemuan peninjauan proses pembentukan lembaga-lembaga ASEAN pada KTT ASEAN (KTT) ke-44 dan ke-45 pada Rabu (9/10), Retno menyatakan perlu juga dibentuk kelompok perwakilan khusus Timor Timur di kantor ASEAN.

Kelompok tersebut, kata dia, dirancang untuk mendukung pencapaian penting yang ditargetkan dalam peta jalan integrasi Timor Leste ke ASEAN.

Selain itu, ASEAN perlu fokus pada penguatan kapasitas kelembagaan dan teknisnya agar Timor Leste dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan komunitas ASEAN pada tiga pilar, yaitu keamanan, ekonomi, dan budaya.

Di akhir pidatonya pada pertemuan ACC, Retno kembali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Laos sebagai pemegang kepemimpinan ASEAN pada tahun ini yang telah berhasil menjaga keberlangsungan kerja ASEAN, dan menekankan dukungannya kepada Malaysia yang merupakan negara yang paling maju dalam ASEAN. pemegang kepemimpinan ASEAN berikutnya. .

Tahun lalu, Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta menargetkan negaranya menjadi anggota penuh ASEAN, sebuah “keputusan strategis nasional” pada tahun 2025.

Timor Leste diakui sebagai anggota ASEAN ke-11 pada KTT di Phnom Penh, Kamboja pada November 2022. Kartu keanggotaan penuh Timor Leste juga disetujui pada KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Mei 2023.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours