Kebaya “Merah Putih” Selvi Ananda dan Iriana simbolkan cinta Indonesia

Estimated read time 2 min read

Jakarta dlbrw.com – Selain pakaian adat Betawi Ujung Serong, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada upacara pelantikan presiden dan pelantikan presiden 2024-2029 juga mengenakan pakaian Lady Iriana Joko Widodo ke-7. dan Wakil Presiden Gibran. Istrinya Selvi Anada pun mencuri perhatian.

Lisa Fitria, pengamat mode dari Indonesia Fashion Office (IFC), menjelaskan calon pengantin memakai warna merah sebagai simbol cinta tanah air. dan putih, melalui pilihan pakaian.

Warna merah putih yang dikenakan Selvi dan Iriana merupakan simbol cinta terhadap Indonesia karena merah putih adalah warna bendera negara kita, kata Lisa kepada ANTARA, Minggu.

Lisa menuturkan, jika dipisahkan dari masing-masing gaya, pemilihan kebaya sebagai busana yang dikenakan Selvi Ananda dan Iriana Joko Widodo di berbagai acara, termasuk kegiatan kenegaraan, ingin menegaskan kebaya sebagai gaya busana yang lazim dimiliki wanita Indonesia.

Untuk Selvi Ananda, menurut Lisa, kebaya merah pilihannya disulap menjadi kebaya modern. Meski dimodifikasi dengan sentuhan modern agar sesuai dengan peristiwa terkini, semangat berbusananya tetap mencerminkan siluet kebaya.

Sementara untuk pilihan kebaya putih pilihan Iriana Joko Widodo, Lisa mengatakan kebaya ini termasuk dalam kelompok kebaya adat Jawa.

Sekilas terkesan sederhana, namun terdapat detail keindahan budaya pada gaya tekstil yang dikenakan ibu negara Indonesia tersebut.

Lisa mengatakan, “Bisa menunjukkan karakter masyarakat Indonesia, jangan lupakan pakaian adat dan budayanya.”

Pada kesempatan pelantikan Pak Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029, para pemimpin mengenakan pakaian adat Betawi untuk berbagai acara kenegaraan: Baju Adat Ujung Serong.

Pemilihan busana ini menarik karena untuk pertama kalinya dalam sejarah pakaian yang dianggap adat dipakai pada upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Kabupaten.

Pak Prabowo dilantik oleh Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024 hingga 2029 pada Sidang Umum MPR RI di Gedung Nusantara, Gedung Parlemen, Jakarta.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan upacara pengambilan sumpah tersebut. Organisasi nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat turut serta dalam pertemuan Dewan Internasional MPR RI.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours