Dies Natalis ke-10 Departemen Ilmu Komunikasi UNY Luncurkan 10 Buku

Estimated read time 2 min read

Yogyakarta – Dalam rangka Dies Natalisnya yang ke 10, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merilis 10 buku tentang dunia ilmu komunikasi, kajian media dan informasi yang ditulis oleh guru besar Ilmu Komunikasi UNY.

Baca juga: UNY Buka Magister Manajemen, Ini Biaya Pendidikannya

Tujuan buku yang kami terbitkan adalah untuk memotivasi para dosen dan mahasiswa agar terus berkarya. Benny Setiavan, Wakil Presiden Bidang Perencanaan, Keuangan, Hubungan Masyarakat dan Sumber Daya, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (Fishpol UNY) mengatakan, kami berharap buku ini dapat membantu pengembangan keilmuan khususnya di bidang komunikasi dan media. ).

Sepuluh buku yang dirilis dalam rangka HUT ke-10 tersebut adalah Media dan Gender, Literasi Digital dan Literasi Emosi dalam Penyiaran Digital, Strategi Komunikasi di Era Digital, Islam Meneguhkan Cinta, Membedah Fenomena Sosial di Media, Islam Ramah Ini Aku. Madzahab, Pengertian Ilmu Komunikasi Riset: Metode dan Penerapannya, Etika, Etiket, Sosiabilitas, Dilema Masyarakat Digital, Ketahanan Online dalam Kehidupan Remaja Gen Z, dan Metode Penelitian Komunikasi.

Buku-buku ini merupakan respon sivitas akademika Departemen Ilmu Komunikasi UNY dalam menyikapi fenomena dan realitas sosial yang terjadi di masyarakat, yang dilihat terutama dari perspektif sosial dan komunikasi. “Selain merilis 10 buku tersebut, Departemen Ilmu Komunikasi juga berupaya membuat peta penelitian atau roadmap penelitian keilmuan,” kata Benny.

Selama ini Departemen Ilmu Komunikasi telah mengkaji berbagai permasalahan sosial yang muncul di sekitar kita, realitas masyarakat, baik di dunia nyata maupun dunia maya, dalam perspektif ilmu komunikasi. Dan juga hingga saat ini penelitian-penelitian Departemen Ilmu Komunikasi yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa tetap berjalan seperti biasa. Untuk itu perlu dilakukan penguatan peta penelitian. Benny mengatakan, “Dimana penelitian dapat dijadikan khazanah keilmuan untuk menyelesaikan permasalahan sosial dalam perspektif ilmu komunikasi.

Baca juga: Kisah Bella, Lulusan UNY Peraih IPK Tertinggi dari Biro Statistik

Prativy Vahyu Vidyarthi, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UNY, berharap dies ke 10 ini dapat menjadi momen kemajuan bagi seluruh tim dan dosen. Selain itu, saat ini Departemen Ilmu Komunikasi telah menjalin kerjasama internasional dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) mengenai rencana peluncuran program dual master Ilmu Komunikasi.

“Selain membuka program magister internasional ilmu komunikasi, departemen juga akan membuka program magister reguler ilmu komunikasi. Prativi menyimpulkan: “Harapannya dengan dibukanya program magister ini akan meningkatkan kontribusi ilmu komunikasi. komunikasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan untuk melakukan lebih banyak pendidikan”.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours