Kaprodi Kesejahteraan Sosial FISIP UMJ Raih Gelar Doktor di Unpad

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com JAKARTA – Ketua Program Kesejahteraan Sosial (Kaprodi) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) menerima gelar PhD Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran (Unpad) pada Senin. (12/8/2024).

Muhammad Sahrul, MSi berhasil mempertahankan disertasi doktornya yang berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Religius (Studi Kasus pada LKSA Muhammadiyah Jawa Barat)” pada Konferensi Promosi Kesejahteraan Masyarakat di ruang konferensi Program Pascasarjana FISIP Unpad Gedung A , lantai 2, kabupaten bandung.

Sahrul melakukan penelitian untuk mengkaji pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di Lembaga Kesejahteraan Anak Muhammadiyah (LKSA) yang banyak permasalahannya.

Permasalahan yang muncul adalah kepatuhan terhadap standar pengasuhan anak, pengelolaan database IT dan kelemahan pedoman serta kelemahan pedoman terkait standar untuk menentukan respon yang tepat.

Permasalahan lainnya adalah tidak seimbangnya rasio anak dan sumber daya manusia, kapasitas sumber daya manusia yang tidak standar sehingga berdampak pada kualitas pelayanan dan manajemen pendidikan, sebagian besar sumber daya manusia tidak sesuai untuk bidang pekerjaan sosial. .

Penelitian Sahrul berfokus pada manajemen sumber daya manusia di LKSA Muhammadiyah, mulai dari rekrutmen dan seleksi uraian tugas dan pemanfaatan keterampilan, orientasi dan pengembangan, monitoring dan evaluasi, implementasi, penyelesaian masalah, dan implementasi praktis hingga menyerah. – Pemahaman mendalam mengenai manajemen sumber daya manusia di LKSA Muhammadiyah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) tercermin dalam seluruh tahapan pengelolaan sumber daya manusia di LKSA Muhammadiyah, meskipun prosesnya masih belum sistematis. Konsekuensi dari penerapan nilai-nilai tersebut dalam proses pengelolaan sumber daya manusia di LKSA Muhammadiyah menunjukkan dapat memperkuat semangat kerja dan kekuatan vital yang menggerakkan seluruh sumber daya manusia.

Sumber daya manusia juga memperoleh pemahaman tentang agama yang mereka perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Sahrul, visi SDM bekerja di LKSA Muhammadiyah tidak hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan dunia, namun juga menjadi bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Sehingga Anda dapat memahami nilai AIK dengan benar.

Hal ini juga menunjukkan bahwa LKSA mempunyai nilai-nilai organisasi dan menatanya secara internal dalam pengelolaan dan pemberian pelayanan, sehingga dapat mengurangi permasalahan seperti yang telah dikemukakan di awal karena adanya nilai dalam setiap kegiatan pelayanan yang dilakukan.

Model ini menekankan pada integrasi proses manajemen dengan nilai-nilai organisasi untuk memastikan sumber daya manusia LKSA jujur, mengutamakan kepentingan terbaik anak, mempengaruhi kualitas dan pembentukan karakter anak berdasarkan nilai-nilai agama. selesai.

Dekan FISIP UMJ Profesor Evi Satispi, MSi memuji Dr. Sahrul atas Kesejahteraan Sosial. Pasalnya, hal ini dapat menjadi contoh bagi guru besar FISIP UMJ lainnya untuk meningkatkan kualifikasinya menjadi guru besar di jenjang doktor.

Menurut Evi Sahrul sakit karena bisa menyelesaikan PhD dalam tujuh semester. Harapannya, Sahrul, seorang ulama Muhammadiyah, dapat meningkatkan kualitas dirinya untuk mampu memimpin Muhammadiyah baik di tingkat pimpinan program pendidikan perguruan tinggi maupun universitas, pungkas Evi.

Panitia Pemeriksa pada Konferensi Promosi Dr. Sahrul adalah Prof. A Rachim, SSos, MI Kom, Dr Hery Wibowo, SPsi, MM, Dr Muhammad Fedryansyah, SSos, MSi, dan Profesor Mohammad Benny Alexandri, SE, MM. .

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours