Para Ahli Kesehatan Ingatkan Pentingnya Berolahraga di ISPEN 2024

Estimated read time 3 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Nutrisi olahraga di seluruh dunia mengalami perkembangan dan perubahan seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya nutrisi dalam menunjang performa atlet dan masyarakat yang aktif secara fisik. Kesadaran akan pentingnya nutrisi dan olahraga juga semakin meningkat di Indonesia.

Dua pesta olahraga besar tahun ini, Olimpiade Paris 2024 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) Indonesia 2024, pun turut menyita perhatian sehingga meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga.

Hal ini sejalan dengan visi Indonesia berdasarkan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 terkait rencana membangun Indonesia ramah olahraga nasional, dengan 70% penduduk aktif berpartisipasi dalam olahraga. 60 persen berada dalam kondisi fisik yang baik.

Olahraga tidak hanya sekedar kegiatan masyarakat saja, namun sudah mencapai taraf industri dan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan media sosial telah mempengaruhi pengetahuan dan cara pandang masyarakat mengenai cara mencegah gangguan kesehatan melalui pemenuhan kebutuhan nutrisi dan olah raga. Program Penelitian Ilmu Gizi Universitas Esa merupakan satu-satunya program penelitian di Indonesia dalam bidang nutrisi olahraga. Hal ini mendorong Program Penelitian Gizi Esa Unggul untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan nutrisi olahraga di Indonesia.

Salah satunya adalah diadakannya konferensi internasional yang melibatkan para pakar nutrisi olahraga internasional dan nasional untuk membahas isu-isu global terkini di bidang nutrisi olahraga. Mengangkat topik “Tren Baru Gizi, Aktivitas Fisik dan Latihan”, Program Penelitian Profesi Gizi dan Dietetika Universitas Esa Ungul dan Asosiasi Ahli Gizi Olahraga dan Kesehatan Indonesia (ANOKI) berafiliasi dengan Asian Sports and Health Association. (ANSSH) akan menyelenggarakan 2nd International Conference on Physical Education and Sports Nutrition (ISPEN) pada tanggal 7, 8 dan 9 Agustus 2024 di Aula Kemala Universitas Esa Ungul Jakarta.

Acara ini akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, dengan seminar “Nutrisi Olahraga” dan “Pelatihan Kinerja Tinggi” pada hari pertama. Pada saat yang sama, selama dua hari ke depan, konferensi akan diadakan dengan topik empat topik utama: “Nutrisi dan Kesehatan”, “Aktivitas Fisik dan Latihan”, “Perkembangan Makanan dan Suplemen” dan “Kinerja Atlet”.

Pada konferensi hari kedua, upacara pembukaan akan dilakukan oleh Kepala Staf Presiden Republik Indonesia (KSP), Rektor Universitas Esa Ungul dan Presiden Persatuan Gizi Indonesia. Institut Pendidikan Tinggi (AIPGI).

ISPEN 2024 akan dihadiri oleh 14 pembicara dari 6 negara: Inggris, Yordania, Korea, Jepang, Singapura dan Indonesia. Panelisnya antara lain salah satu sponsor kampanye ISPEN 2024, Rebecca Randle dan Tina Badshah dari UK Gatorade Sports Science Institute.

Selain itu, acara tersebut diisi oleh Prof. Ibrahim Dabayeb dari Universitas Yordania, Prof. Masashi Miyashita adalah seorang profesor di Universitas Waseda di Jepang. Wook Song, Profesor Madya, Universitas Nasional Seoul, Korea. Jason Lee dari National University of Singapore (NUS), adalah guru besar nutrisi dan olahraga di beberapa universitas terkemuka di Indonesia, serta Dewan Olahraga Pusat Indonesia (KONI).

Dalam penyelenggaraan ISPEN 2024, acara ini juga didukung oleh Gatorade, Pepsico dan Herbalife. Selain sesi perkenalan, konferensi juga akan menampilkan sesi tanya jawab, diskusi panel, dan sesi interaktif yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar komprehensif bagi seluruh peserta. ISPEN 2024 bertujuan menjadi wadah kolaboratif para akademisi, peneliti, mahasiswa, atlet, pelatih dan penggiat olahraga untuk berbagi informasi, pengetahuan dan inovasi mengenai isu-isu terkini di bidang nutrisi olahraga.

Selain itu, Ketua ISPEN 2024 Maya Fernandia Siahan, B.C. Kualitas sumber daya manusia. ISPEN 2024 akan memberikan dampak positif bagi peserta dan memberikan pengetahuan kepada peserta tentang nutrisi olahraga untuk mendorong perubahan positif dalam kebiasaan makan dan aktivitas fisik sehari-hari untuk mencegah penyakit menular terkait gaya hidup.

Lebih lanjut, ISPEN 2024 dapat meningkatkan prestasi olahraga di Indonesia dengan membekali atlet dengan pengetahuan gizi dan aktivitas fisik yang benar. Melalui ISPEN 2024, peningkatan pengetahuan nutrisi olahraga masyarakat berpotensi besar membawa perubahan positif pada gaya hidup dan kesehatan masyarakat.

“ISPEN 2024 terbuka untuk umum dan diharapkan dapat menarik 300 peserta yang terdiri dari akademisi, peneliti, praktisi, pelatih olahraga, atlet, pelajar, dan masyarakat umum yang tertarik dengan topik tersebut,” kata Maya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours