Meta Luncurkan Model AI yang Bisa ‘Periksa’ AI Lainnya

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Perusahaan induk Facebook, Meta, mengumumkan peluncuran beberapa model AI baru, termasuk “evaluator pembelajaran mandiri” yang dapat mengurangi keterlibatan manusia dalam AI. Proses pengembangan. Model ini dipaparkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan Agustus lalu, di mana raksasa teknologi tersebut menjelaskan bahwa model baru tersebut menggunakan metode “rantai pemikiran” yang mirip dengan model terbaru OpenAI.

Teknik ini meningkatkan akurasi jawaban dengan memecah masalah kompleks menjadi langkah-langkah logis yang lebih kecil, terutama di bidang sains, pemrograman, dan matematika. Yang sangat mengesankan adalah model penilaian ini dilatih sepenuhnya menggunakan data yang dihasilkan AI, tanpa campur tangan manusia.

Kemampuan AI untuk mengevaluasi AI lain secara independen merupakan langkah pertama menuju penciptaan agen AI otonom yang dapat belajar dari kesalahan mereka sendiri. Banyak ahli di bidang AI menganggap agen seperti asisten digital cukup cerdas untuk melakukan berbagai tugas tanpa campur tangan manusia.

Model perbaikan diri dapat mengurangi kebutuhan akan proses yang sering kali mahal dan tidak efisien yang digunakan saat ini, seperti pembelajaran penguatan dari umpan balik manusia. Proses ini memerlukan masukan dari manusia yang ahli dalam mendeskripsikan data untuk memberi label data dengan benar dan memastikan bahwa pertanyaan matematika dan tertulis yang rumit dijawab dengan benar.

Menurut Reuters, salah satu peneliti, Jason Weston, mengatakan: “Kami berharap seiring dengan meningkatnya kemampuan AI untuk menjadi manusia super, AI akan menjadi lebih baik dalam menguji kerjanya.” Minggu (20/10/2024).

“Ide pembelajaran mandiri dan penilaian mandiri AI sangat penting untuk mencapai tingkat manusia super secara fundamental,” kata Weston.

Perusahaan lain, termasuk Google dan Anthropogenic, telah menerbitkan penelitian tentang konsep RLAIF, atau pembelajaran penguatan dari umpan balik AI. Berbeda dengan Meta, perusahaan-perusahaan ini tidak mempublikasikan model mereka ke publik.

Alat AI lain yang dirilis Meta pada kesempatan ini antara lain penyempurnaan pada mode identifikasi gambar Segmen Apa Pun, yang mempercepat waktu pembuatan respons LLM dan kumpulan data untuk membantu menemukan objek anorganik baru.

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours