Pertamina edukasi inovasi teknologi energi terbarukan berbasis sekolah

Estimated read time 3 min read

Jakarta dlbrw.com – PT Pertamina (Persero) terus memperluas pengetahuan teknologi energi terbarukan melalui sekolah-sekolah yang diharapkan dapat mempercepat transisi energi.

Program Sekolah Mandiri Energi (SEB) yang diluncurkan Pertamina pada Juni 2023 telah memberikan pendidikan kepada lebih dari 4.500 siswa di berbagai kota di Indonesia.

Wakil Presiden Komunikasi Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan Pertamina bertekad terus meningkatkan sistem energi bersih dengan mengedukasi generasi muda yang merupakan mayoritas penduduk saat ini.

10 sekolah telah menjadi bagian dari Program SEB yaitu di wilayah Sumatera (SMK Negeri 2 Dumai dan SMA Negeri 14 Palembang), wilayah Jawa (SMA Negeri 40 Jakarta Utara, SMK Merdeka Bandung, SMA Negeri 3 Cilacap, SMP). Negeri 7 Cirebon dan SMA Negeri 14 Semarang), wilayah Bali (SMA Negeri 8 Denpasar), wilayah Maluku (SMP Negeri 1 Tidore) dan wilayah Papua (SMA Negeri 6 Sorong).

Fadjar melanjutkan, “Pendidikan EBT (energi baru terbarukan) pada siswa sekolah diharapkan dapat mendukung percepatan transfer listrik dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sehingga dapat berperan positif dalam mengurangi emisi karbon.”

Sebagai bagian dari program SEB, Pertamina berada di Sekolah Adiwiyata, SMA Negeri 14 Palembang, Kamis (22/8).

Pertamina memberikan edukasi dan paparan inovasi teknologi kepada 24 siswa yang menjadi Duta Energi Muda Pertamina, setelah terpilih dalam program SEB di SMA Negeri 14 Palembang.

Pemaparan desain teknis disampaikan oleh tim Pertamina, dilanjutkan dengan diskusi oleh tim pengembangan teknologi EBT.

Sementara itu, Communications & CSR Manager Pertamina Patra Niaga Daerah Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan dalam acara tersebut untuk memberikan pengetahuan bagaimana mengembangkan EBT menjadi sebuah teknologi yang memiliki banyak manfaat dan dapat diterapkan di sekolah.

“Harapannya teman-teman SMA Negeri 14 Palembang dapat melaksanakan semua program yang telah direncanakan dan dapat menjadi ikhtiar yang baik bagi teman-teman sehari-hari,” kata Nikho.

Lebih lanjut Nikho menjelaskan, penerapan EBT melalui sistem manajemen sosial dan lingkungan (TJSL) yang dilakukan Pertamina melalui program SEB bertujuan untuk mendukung keberhasilan Sekolah Pendidikan Luar Biasa di SMA Negeri 14 Palembang, dengan mengatur proses pemasangan perangkat tersebut. . . EBT dan bantuan untuk digunakan.

Program ini juga sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan ESG (environmental, social and governance) dan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yaitu tujuan nomor 4 untuk pendidikan berkualitas, tujuan nomor 7 untuk energi bersih dan terjangkau, dan tujuan nomor 13 untuk iklim. perang. berubah.” kata Nico.

Sementara itu, salah satu siswa SMA Negeri 14 Palembang, Rasya Eka Putra mengatakan, program tersebut memberikan berbagai manfaat, untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan karakter serta keterampilan yang berguna di masa depan.

“Program ini sangat bermanfaat bagi kami. Saya berharap kedepannya sekolah kami terus menjalin kerjasama dengan Pertamina dan mampu memberikan inovasi-inovasi baru di bidang energi terbarukan,” kata Rasya.

Selain itu, Pertamina sangat mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam kelestarian lingkungan hidup serta memberikan edukasi pemanfaatan EBT untuk mendorong generasi muda memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours