PT PAL ungkap proyek kapal selam dengan Prancis tengah proses desain

Estimated read time 1 min read

Bandung dlbrw.com – PT PAL mengungkapkan proyek kapal selam Scorpene kerja sama dengan Perancis (Naval Group) sedang berjalan dan dalam tahap perencanaan.

“Saat ini kami sedang dalam proses perencanaan, penguatan peralatan dan infrastruktur yang diperlukan untuk sistem rantai pasok,” kata Kaharuddin Jenod dari PT PAL Indonesia di kampus ITB Bandung, Jumat.

Lebih lanjut Kaharuddin Djenod mengungkapkan, seluruh proyek pembuatan kapal akan dilakukan di Indonesia dan dijadwalkan selesai pada tahun 2028.

Scorpene, kata dia, akan menggunakan baterai lithium sehingga memiliki daya tahan lebih besar dibandingkan kapal selam yang sudah ada.

“Kapal selam biasanya menggunakan baterai asam cair,” katanya.

Kapalnya sendiri merupakan pesanan Kementerian Pertahanan RI totalnya dua unit.

Berdasarkan informasi yang diterima, kapal selam Scorpene direncanakan memiliki massa 1.600-2.000 ton, panjang 72 meter, kecepatan lebih dari 20 knot, kedalaman lebih dari 300 meter, awak 31 orang. dapat bekerja di atas air. dapat beroperasi di laut lebih dari 240 hari setahun dan dapat membawa 18 rudal.

Kontrak pembangunan kapal tersebut ditandatangani pada 28 Maret 2024 untuk pembangunan dua gedung yang seluruhnya akan dibangun di Indonesia dengan investasi lokal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours