Telinga Kemasukan Air, Ini Cara Mengatasinya yang Diklaim Paling Aman

Estimated read time 2 min read

dlbrw.com, JAKARTA – Air terkadang masuk ke telinga saat berenang atau mencuci. Meski tidak berakibat fatal, dokter memperingatkan bahwa hal ini berpotensi membahayakan telinga.

Oleh karena itu, penting untuk segera membuang air untuk mencegah kontaminasi dan kerusakan. “Sangat penting untuk menghilangkan air dari telinga, karena ketika air tetap berada di saluran telinga, kelembapan tersebut dapat mendorong populasi dan pertumbuhan bakteri dan jamur, dan jika tidak ditangani, hal ini dapat menyebabkan suatu kondisi yang disebut Telinga. .

Ada beberapa cara menghilangkan air dari telinga kapak menurut Connor, seperti dilansir Best Life Minggu (7/7/2024);

Goyangkan dan/atau tarik telinganya secara perlahan

Connors menyarankan beberapa cara sederhana untuk memulai tindakan, seperti menggoyangkan atau menarik telinga dengan lembut. Menurut Connor, cara ini dapat menciptakan ruang hampa kecil yang membantu mengeluarkan dan memisahkan air

2. Gunakan metode Valsalva

Cara lain yang bisa mengeluarkan air dari telinga adalah metode Valsava. Ini adalah metode menahan hidung, menghirup dan menghembuskan napas dengan lembut untuk memaksa udara masuk ke telinga. Ini membantu menyamakan tekanan dan mendorong air keluar.

3. kompres panas

Menurut Connor, mengompres telinga dengan air hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot di sekitar liang telinga sehingga air dapat keluar. Cara termudah untuk membuat kompres adalah dengan membasahi waslap dengan air hangat.

4. Gunakan pengering rambut atau pengering rambut

Connor pun menyarankan penggunaan pengering rambut untuk mengeringkan telinganya. Namun, Anda tetap harus menjauhkan speaker dari telinga Anda.

“CDC merekomendasikan jika Anda menggunakan metode ini, jauhkan pengering beberapa jari dari telinga untuk mencegah panas pengering membakar jaringan sensitif,” kata Connor.

5. Obat tetes telinga;

Obat tetes telinga adalah pilihan lain yang mencoba menghilangkan air sadah di telinga Anda. Menurut Connor, pengobatan dapat membantu melunakkan atau melarutkan partikel atau kotoran apa pun, seperti kotoran telinga, yang memerangkap air di saluran telinga.

Ia juga menyarankan untuk tidak berkonsultasi dengan dokter jika membutuhkan obat tetes telinga, karena terlalu banyak obat tetes dapat memperburuk iritasi.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours