Pupuk Indonesia apresiasi penegakan hukum penyimpangan pupuk subsidi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA dlbrw.com – PT Pupuk Indonesia (Persero) di Provinsi Jawa Barat. Ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Karawang atas penyidikan tindak pidana penyimpangan penyaluran pupuk bersubsidi.

“Kami mengapresiasi upaya Kejaksaan Kabupaten Karawang dalam menyelesaikan kasus ini secara tuntas. Pengembalian dana pada tanggal 5 September 2024 merupakan bukti nyata keberhasilan upaya hukum terhadap pelanggaran,” kata Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia Wijaya Laksana di Jakarta, Senin.

Pupuk Indonesia mengatakan Wijaya berkomitmen mendukung penuh proses hukum yang sedang berjalan dan memastikan kerja sama yang baik dengan aparat penegak hukum dalam upaya menjaga integritas dan transparansi praktik bisnis.

Bermula dari dugaan korupsi distribusi pupuk yang berlangsung sejak tahun 2017. Kejaksaan Karawang berhasil mengadili kedua tersangka di Pengadilan Tipikor (Tipikor) Bandung dengan putusan akhir pada tahun 2024.

Wijaya menegaskan, hal tersebut merupakan salah satu nilai fundamental yang dianut perusahaan dalam seluruh lini operasionalnya.

Seperti halnya BUMN yang mempunyai tanggung jawab utama terhadap ketahanan pangan nasional, Pupuk Indonesia juga bertanggung jawab terhadap pengelolaan pupuk agar dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan pengawasan dan sistem distribusi.

Dijelaskannya, dalam operasionalnya, Pupuk Indonesia selalu mengedepankan prinsip tata kelola yang baik sesuai dengan peraturan terkait.

“Kami juga mengevaluasi dari waktu ke waktu pengurangan pelecehan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebagai BUMN yang mempunyai amanah untuk mendukung ketahanan pangan negara, kami terus berupaya memenuhi kebutuhan pupuk dan melayani petani semaksimal mungkin,” ujarnya.

Wijaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh organisasi terkait atas kerja kerasnya dalam menyelesaikan permasalahan ini dan berharap upaya serupa dapat memperkuat tata kelola yang baik di seluruh lini bisnis perusahaan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours